digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cilok Sae didirikan pada tanggal 5 September 2017 dengan nama Cilok Ganyang oleh Syifa Fajar maulani dan Astari Khaniasty. Pada awal januari 2018 nama cilok ganyang telah dirubah menjadi Cilok Sae. Cilok Sae menjual produk dengan kualitas yang baik. Cilok Sae berkomitmen untuk menyajikan produk yang sae cilokna (enak ciloknya), sae bahanna (bagus bahannya), sae bumbuna (enak bumbunya), sae bungkusna (bagus bungkusnya), dan sae pangaosna (bagus harganya). Cilok Sae merupakan cilok kemasan yang dibuat dengan berbagai macam isian dan disajikan dengan bumbu bercita rasa nasional dan internasional. Saat ini Cilok Sae memiliki dua varian rasa yaitu Cilok Bumbu Kacang dengan isi tetelan dan Cilok bumbu Bolognese dengan isi keju Industri kuliner, adalah salah satu bagian dari ekonomi kreatif di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dapat memajukan perekonomian Indonesia. Terdapat potensi besar dari industri kuliner dan pariwisata di Bandung. Persaingan industri kuliner Bandung sangat ketat, oleh karena itu Cilok Sae harus memiliki perbedaan dengan produk lain. Inovasi adalah bagian mendasar dari pengembangan organisasi. Inovasi dalam bisnis bukan hanya tentang teknologi canggih. Proses inovasi dalam bisnis dapat dimulai dengan inovasi produk. Inovasi produk tidak selalu harus menciptakan produk baru, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas produk yang sudah dijual oleh perusahaan. Untuk melakukan inovasi produk, pada penelitian ini menggunakan langkah strategi inovasi yang diadaptasi dari Cooper and Edget (2010). Strategi ini dimulai dari menganalisa permasalahan bisnis, menentukan tujuan dari inovasi, menganalisa situasi bisnis baik dari segi analisa industri menggunakan Porter 5 Forces and analisa perusahaan menggunakan SWOT and TOWS, menentukan arena of strategic focus dengan Ansoff matrix (2013), strategi menyerang, mengalokasikan sumber daya dengan menentukan strategic bucket dan strategic product, dan implementasi strategi. Untuk mendukung penelitian ini ada dua teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Adapun strategi yang diambil oleh Cilok Sae berdasarkan hasil penelitian adalah new variant dengan menambah dua varian baru, kemasan baru dengan membuat desain kemasan untuk rasa baru serta merubah penggunaan material plastik dan sticker, beriklan dengan menggunakan iklan di media sosial, dan promosi penjualan dengan menggunakan sampel gratis dan potongan harga.