digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu subsektor dari industri kreatif yang berkontrikusi adalah industri fesyen, dengan 18,15% dari total kontribusi dari industri kreatif (BEKRAF) di Indonesia, yang membuat para pengusaha melihat peluang untuk membuka bisnis fesyen. Berdasarkan alasan tersebut, The A Part A Man ingin berkontribusi dan berpartisipasi dalam industri ini, dengan prospek dan masa depannya. The A Part A Man adalah merek fesyen yang berbasis di Bandung, Indonesia Produknya adalah pakaian pria kasual. Prioritas pertama akan difokuskan pada pakaian pria dan aksesori pria. Gaya yang mudah dan hidup santai adalah inti filosofi dari merek ini. Menurut Hootsuite, We Are Social (2018), menunjukkan bahwa jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 50% dari total populasi pengguna internet sebanyak 132,7 juta orang. Melihat tren data pengguna internet dan media sosial di Indonesia menunjukkan bahwa ada tiga platform media sosial teratas yang aktif digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu YouTube 43%, Facebook 41%, dan Instagram 40%. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa metode pemasaran digital dapat digunakan sebagai metode pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek bagi merek yang baru dibuat. Penelitian ini dimulai dengan interpretasi masalah bisnis. Ini diikuti oleh analisis masalah pemasaran yang dibagi menjadi dua bagian: Analisis Internal dan Eksternal. Analisis internal akan menggunakan metode analisis STP dan Bauran Pemasaran. Kemudian, analisis eksternal akan menggunakan metode analisis pelanggan dan analisis pesaing. Pemasaran digital adalah bentuk upaya untuk mempromosikan dan memasarkan merek dengan menggunakan media digital, seperti internet. Rencana aksi akan mencakup konten dan Instagram yang terperinci seperti konten yang akan ditampilkan dalam foto dan video, dimana mulai dijalankan dari bulan pertama hingga bulan tiga dari timeline. Sementara itu, kegiatan pada Instagram akan mulai melakukan posting dan juga iklan Instagram tahunan dari bulan keempat timeline dan berlanjut sampai setahun. Menurut data, Instagram Ads bisa efektif untuk meningkatkan kesadaran merek karena dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna Instagram. Selain itu, media sosial pendukung lainnya seperti Facebook dan YouTube diperlukan untuk mendukung pemasaran dan mendapatkan eksposur yang besar. Rekomendasi anggaran akan menghabiskan sekitar 13 juta rupiah untuk jangka waktu setahun.