2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-COVER.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 1.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 2.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 3.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 4.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 5.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-BAB 6.pdf
PUBLIC Alice Diniarti 2016 TS PP SENA PRAYOGA 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC Alice Diniarti
Karya tulis ini melaporkan pemahaman kami tentang pendidikan sains berbasis inkuiri dan menunjukkan perancangan model pembelajaran fisika berbasis inkuiri
untuk siswa kelas delapan. Pemodelan pembelajaran ini diharapkan bermanfaat bagi guru dalam merancang kegiatan belajar mengajar dan dapat membantu meningkatkan keinginan belajar siswa dan dengan demikian mendukung
tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran berbasis inkuiri dipilih karena pembelajaran berbasis inkuiri ini
bukan sekedar metode pengajaran melainkan juga menggambarkan manusia belajar secara alami. Selain itu, kebanyakan peneliti mendukung implementasi pembelajaran berbasis inkuiri di sekolah. Dalam pembelajaran berbasis inkuiri peserta didik mendapatkan kesempatan untuk melakukan penyelidikan nyata, yaitu antara lain melakukan identifikasi masalah dan merancang untuk menyelesaikan masalah. Dengan demikian, melalui
inkuiri peserta didik belajar menjadi seorang ilmuwan dalam menyusun pengetahuan. Model pembelajaran dirancang sehingga sesuai dengan materi fisika dan alokasi
waktu pembelajarannya yang terdapat pada silabus kurikulum nasional 2015 sesuai dengan Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 untuk siswa SMP kelas 8.