digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

mandhalika - 27115005.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

adalah profesi kedokteran. Hal ini karena dapat memotivasi anak untuk bercita-cita yang tinggi, menanamkan jiwa menolong orang lain, dan kesadaran untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan. Tetapi faktanya pengenalan profesi kedokteran ini, terutama di sekolah tertentu masih tergolong minim, sehingga dapat menyebabkan terbatasnya cita-cita siswa. Diperlukan media alternatif untuk memperkenalkan profesi kedokteran kepada siswa, dengan batasan penelitian untuk pengguna anak SD kelas 4-6 Game edukasi mobile dengan perangkat smartphone menjadi salah satu solusi masalah tersebut. Hal ini merupakan hasil perancangan dengan jenis kualitatif dan menggunakan konsep design thinking. Dalam tahapan design thinking, studi literatur tentang berbagai teori yang dibutuhkan seperti game, perkembangan anak, profesi kedokteran, dan dokter gigi, digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasilnya adalah ide pembuatan game pengenal profesi kedokteran dengan dokter gigi sebagai pilot project dan game mobile smartphone sebagai cara dan perangkatnya. Hasilnya adalah sebuah game mobile bernama Prodigi yang direncanakan menjadi pilot project dari serial game tentang profesi kedokteran. Game Prodigi yang terdiri dari 4 stage ini terbilang cukup lengkap karena beranjak dari objeknya hingga kenapa seseorang harus ke dokter gigi. Harapannya game Prodigi dapat membuat anak bermain sambil belajar tentang profesi dokter gigi dengan gembira dan memotivasi mereka untuk menjaga kesehatannya.