ABSTRAK BARU.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos LEMBAR PENGESAHAN.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos cover tesis.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos INDIRA VANIA MUKTI - JURNAL
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Merchandise konser merupakan salah satu produk penjualan yang diproduksi oleh
para produsen kepada konsumen para pecinta musik sebagai bentuk media
ekspresi untuk menunjukan kecintaannya pada figure musisi. Fenomenanya,
terdapat pergeseran konsumen yang menggunakan produk merchandise konser
Purpose dari musisi Justin Bieber dan The Life of Pablo dari musisi Kanye West
yaitu konsumen non-fans. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi daya
tarik yang dihasilkan merchandise konser Purpose dan The Life of Pablo pada
konsumen non-fans. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mix
methode untuk mengetahui elemen nilai yang ada yang menjadi landasan berpikir
dan berperilaku konsumen non-fans dengan kajian media meliputi analisis obyek
berdasarkan landasan teori emosional desain. Berdasarkan hasil temuan, elemen
desain pada tipografi dan elemen foto menjadi faktor utama dalam pemakaian
produk. Tipografi dengan memanfaatkan tren font dimasa lalu bergaya heavy
metal dan gothic menjadi daya tarik konsumen. Elemen foto menjadi kekuatan
dalam mengekspresikan emosi produk dengan konsep yang sesuai dengan musik
musisi. Adanya faktor pendekatan emosi kesenangan seperti phsyio-pleasure,
socio-pleasure, physo-pleasure, dan ideo-pleasure terkait dengan minat
konsumen. Serta terpenuhinya pendekatan tujuan desain seperti berdaya guna
(useful), mudah digunakan (usable) dan diinginkan (desirable) juga ikut
mempengaruhi konsumen.