digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK BARU.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

LEMBAR PENGESAHAN.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

cover tesis.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

INDIRA VANIA MUKTI - JURNAL
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Merchandise konser merupakan salah satu produk penjualan yang diproduksi oleh para produsen kepada konsumen para pecinta musik sebagai bentuk media ekspresi untuk menunjukan kecintaannya pada figure musisi. Fenomenanya, terdapat pergeseran konsumen yang menggunakan produk merchandise konser Purpose dari musisi Justin Bieber dan The Life of Pablo dari musisi Kanye West yaitu konsumen non-fans. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi daya tarik yang dihasilkan merchandise konser Purpose dan The Life of Pablo pada konsumen non-fans. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mix methode untuk mengetahui elemen nilai yang ada yang menjadi landasan berpikir dan berperilaku konsumen non-fans dengan kajian media meliputi analisis obyek berdasarkan landasan teori emosional desain. Berdasarkan hasil temuan, elemen desain pada tipografi dan elemen foto menjadi faktor utama dalam pemakaian produk. Tipografi dengan memanfaatkan tren font dimasa lalu bergaya heavy metal dan gothic menjadi daya tarik konsumen. Elemen foto menjadi kekuatan dalam mengekspresikan emosi produk dengan konsep yang sesuai dengan musik musisi. Adanya faktor pendekatan emosi kesenangan seperti phsyio-pleasure, socio-pleasure, physo-pleasure, dan ideo-pleasure terkait dengan minat konsumen. Serta terpenuhinya pendekatan tujuan desain seperti berdaya guna (useful), mudah digunakan (usable) dan diinginkan (desirable) juga ikut mempengaruhi konsumen.