Article Details

PEMANFAATAN DATA HAWKEYE 2000 UNTUK EVALUASI KESELAMATAN PADA KOMPONEN GEOMETRIK JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN NASIONAL TOYAN – WATES – BATAS KABUPATEN SLEMAN)

Oleh   FACHMI FAJAR KURNIAWAN (NIM 26911323)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Pembimbing : Dr. Eng. Russ Bona Frazila, ST., MT. ; Ir. Sri Hendarto, M.Sc.
Jenis Koleksi : Anggota
Penerbit :
Fakultas :
Subjek :
Kata Kunci : Hawkeye, Audit Keselamatan Jalan ; Hawkeye, Road Safety Audit
Sumber :
Staf Input/Edit : hidayat  
File : 14 file
Tanggal Input : 2018-09-27 09:50:17

Saat ini pelaksanaan audit keselamatan jalan pada jalan eksisting banyak memanfaatkan pendekatan survey lapangan secara visual, sedangkan penggunaan peralatan pengumpulan data (acquisition data package) dan alat untuk mengamati dan mengolah data (processing toolkit dan data viewer) yang terdapat pada Hawkeye 2000 dinilai mempunyai fungsi untuk melakukan audit keselamatan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi manfaat dan batasan dalam penggunaan data dari alat ukur Hawkeye 2000 untuk audit keselamatan jalan khususnya untuk komponen geometrik berdasarkan standar keselamatan yang ditentukan. Hasil perolehan data tersebut diaplikasikan pada ruas studi kasus dengan lokasi studi yang dilakukan pada ruas jalan nasional Toyan – Wates – Batas Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Perbandingan paramater yang digunakan berdasarkan perolehan data dari alat ukur Hawkeye 2000 dengan data hasil perolehan manual adalah pada aspek kualitas, waktu dan biaya. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah penggunaan Hawkeye untuk audit keselamatan jalan masih harus didukung data-data penunjang terutama data lalu lintas (volume lalu lintas dan data kecepatan setempat). Untuk menilai keselamatan jalan, alat pengolah data yang disediakan Hawkeye mampu merekam dan memodelkan karakteristik geometrik jalan (radius, kelandaian, jarak-jarak, kemiringan melintang, koordinasi alinemen) sebagai pengganti as built drawing. Akan tetapi, hasil pengolahan data tersebut masih harus dikoreksi terhadap pengamatan kondisi sebenarnya dikarenakan hasil perekaman gipsitrack Hawkeye sensitif terhadap kondisi permukaan jalan. Hal lain yang harus dikoreksi adalah pergerakan tidak terprediksi dari kendaraan Hawkeye saat melakukan survey. Selain itu, keberadaan sisi jalan yang berbahaya tidak semua dapat diamati melalui Hawkeye, dikarenakan keterbatasan jangkauan dari alat pengamat dan alat ukur serta alat pengolah data. Efektifitas waktu dan biaya dari penggunaan Hawkeye dapat terjadi apabila pemeriksaan keselamatan dilakukan pada jarak panjang.