digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kota Bandung merupakan wilayah yang memiliki persentase kunjungan wisatawan nusantara tertinggi di Jawa Barat, yaitu sebesar 16,7%. Salah satu potensi Kota Bandung dalam sektor pariwisata adalah sumber wisatawan lokal yang didominasi oleh wisatawan bachelor stage berusia 18 hingga 29 tahun. Potensi ini, secara eksisting belum dimanfaatkan secara optimal oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Hal ini dapat dilihat melalui bentuk pemasaran yang masih bersifat umum dan belum adanya pemfokusan pemasaran untuk wisatawan lokal bachelor stage di Kota Bandung. Mengacu pada hal tersebut, maka pada penelitian ini akan dirancang sebuah strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan minat kunjung wisatawan lokal bachelor stage Kota Bandung terhadap kawasan pariwisata Kota Bandung. Proses perancangan dilakukan dengan menggunakan data hasil kuesioner yang disebarkan secara online. Hal ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kunjungan wisatawan lokal bachelor stage ke kawasan pariwisata Kota Bandung. Kuesioner disusun dengan menggunakan dasar Model Hsu, Tsai, dan Wu serta Model Kreating dan Kriz yang dikombinasikan dengan hasil wawancara personal serta Teori Motivasi Wisatawan Moutinho. Proses pengolahan data hasil kuesioner dilakukan dengan menggunakan metode analisis faktor yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier majemuk. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa faktor relaxation, personal need, dan knowledge merupakan faktor dasar dalam proses perancangan strategi pemasaran untuk wisatawan lokal bachelor stage di Kota Bandung. Perancangan strategi pemasaran yang usulkan melibatkan aspek bauran pemasaran product dan promotion. Strategi pemasaran untuk aspek promotion meliputi perancangan branding “BandAr Kuy”. Sementara itu, strategi pemasaran untuk aspek product meliputi penambahan ornamen pengetahuan dan konsep edutainment.