digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kapal Magnetohydrodinamic (MHD) Propulsion merupakan salah satu alat transportasi yang menerapkan kelistrikan dan kemagnetan. Kapal memanfaatkan medan listrik dan medan magnet untuk mempercepat dan mengarahkan ion dalam air laut sehingga timbul gaya dorong yang dapat menggerakkan kapal. Pada penelitian ini dibuat sebuah prototipe kapal MHD Propulsion sederhana dengan menggunakan sepasang elektroda dari bahan yang berbeda, yaitu tembaga dan seng, sehingga terdapat beda potensial antar elektroda yang menimbulkan medan listrik. Medan magnet berasal dari dua buah magnet permanen berbentuk batang dan berjenis NdFeB dengan grade N38. Satu unit pendorong terdiri dari sepasang elektroda dan dua buah magnet permanen. Uji coba kapal dengan menggunakan sebuah unit pendorong mampu membuat kapal bergerak dengan kelajuan sebesar 0.12 cm/s. Kelajuan yang dihasilkan relatif rendah, namun dapat ditingkatkan dengan menambah jumlah unit pendorong atau menghubungkan elektroda dengan baterai. Penambahan sebuah unit pendorong dapat menambah kelajuan kapal sebesar 0,10 cm/s sedangkan penambahan sebuah baterai 9 Volt dapat menambah kelajuan kapal sebesar 0,09 cm/s.