Article Details

ANALYSIS ASPECT OF LOCAL SNEAKER QUALITY TO INCREASE COLLEGE STUDENT’S PURCHASE INTENTION

Oleh   Tini Kartini (NIM 19014165)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Nur Arief Rahmatsyah P., ST.,M.HRMHons
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Purchase Intention, Performance, Features, Reliability, Conformance, Durability, Serviceability, Aesthetics.
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2017-09-19 10:30:32

Perkembangan era globalisasi yang semakin maju dan kondisi pemasaran produk yang sangat dinamis, membuat para pelaku pasar dan produsen harus siap untuk berada dalam persaingan yang ketat. Persaingan tersebut, juga terjadi dalam industri sepatu dalam negeri yang bukan hanya harus bersaing dengan sesama produk lokal namun juga harus bersaing dengan produk sepatu luar negeri. Namun dalam persaingan tersebut, konsumen lebih memilih untuk membeli sneaker luar negeri dibanding sneaker dalam negeri, karena anggapan kualitas produk yang lebih baik. Peneliti tertarik menganalisis tentang kualitas produk karena kualitas produk merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh terhadap minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen sehingga diharapkan dapat meningkatkan pembelian produk sneaker dalam negeri, dengan menguji beberapa hipotesis yaitu apakah terdapat hubungan yang positif dan hubungan yang signifikan antara kinerja, fitur, keandalan, kesesuaian, ketahanan, kemudahan layanan dan estetika terhadap minat beli. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product-Moment Correlation dan Analisis Linear Berganda dengan jumlah responden 395. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa performance, features, reliability, conformance, durability, serviceability, dan aesthetics memiliki hubungan yang positif dan hubungan yang signifikan terhadap minat beli. Namun aspek estetika dan ketahanan adalah aspek yang paling memiliki pengaruh yang besar terhadap minat beli. Penelitian ini merekomendasikan kepada produsen sneaker lokal untuk memperbaiki dan meningkatkan aspek estetika dan ketahanan denganmelakukan research pasar terkait selera konsumen dalam aspek estetika, dan mengganti bahan sepatu yang telah digunakan sebelumnya dengan bahan yang lebih kuat, penggunaan penambahan bahan tertentu, serta mengganti bahan upper sepatu yang lebih tahan lama.