digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keterlibatan pegawai merupakan salah satu fenomena yang dipertimbangkan oleh organisasi dan perusahaan. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa organisasi berusaha membuat pegawai terlibat, secara spesifik di Indonesia. Bahkan, membuat pegawai yang lebih muda terlibat dipercaya sebagai faktor kunci untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal tersebut membuat ketertarikan perusahaan-perusahaan untuk merekrut pegawai yang lebih muda seperti pelajar sebagai student ambassador meningkat. Salah satu praktik yang dapat mempengaruhi keterlibatan pegawai adalah pemasaran internal. Cicil.co.id, sebuah startup di Indonesia ingin mengetahui pengaruh praktik pemasaran internal terhadap program student ambassador mereka, terutama perilaku terlibat dari para student ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik pemasaran internal terhadap keterlibatan student ambassador di Cicil. Penelitian kuantitatif dilakukan dan metode regresi linier sederhana digunakan untuk melihat signifikansi pengaruh praktik pemasaran internal terhadap perilaku student ambassador yang terlibat di Cicil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik pemasaran internal berpengaruh positif terhadap perilaku terlibat. Analisis dimensi variabel juga digunakan untuk mengembangkan kerangka kerja untuk merancang strategi pemasaran internal guna meningkatkan efektivitasnya. Studi ini akan berguna bagi manajer dan pemilik bisnis terutama yang menerapkan praktik pemasaran internal pada bisnis atau organisasi mereka. Semoga ini bisa bermanfaat untuk membantu mereka memahami bagaimana merancang strategi pemasaran internal.