2017 TA STEFANUS FEBRI ADI N PP 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Kartika 2017 TS PP STEFANUS FEBRI ADI NUGROHO 1 - FULL TEXT.pdf
]
PUBLIC Taupik Abidin
Keterlibatan pegawai merupakan salah satu fenomena yang
dipertimbangkan oleh organisasi dan perusahaan. Telah banyak penelitian
yang menunjukkan bahwa organisasi berusaha membuat pegawai terlibat,
secara spesifik di Indonesia. Bahkan, membuat pegawai yang lebih muda
terlibat dipercaya sebagai faktor kunci untuk pertumbuhan ekonomi
Indonesia. Hal tersebut membuat ketertarikan perusahaan-perusahaan
untuk merekrut pegawai yang lebih muda seperti pelajar sebagai student
ambassador meningkat. Salah satu praktik yang dapat mempengaruhi
keterlibatan pegawai adalah pemasaran internal. Cicil.co.id, sebuah startup
di Indonesia ingin mengetahui pengaruh praktik pemasaran internal
terhadap program student ambassador mereka, terutama perilaku terlibat
dari para student ambassador.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik pemasaran
internal terhadap keterlibatan student ambassador di Cicil. Penelitian
kuantitatif dilakukan dan metode regresi linier sederhana digunakan untuk
melihat signifikansi pengaruh praktik pemasaran internal terhadap
perilaku student ambassador yang terlibat di Cicil. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa praktik pemasaran internal berpengaruh positif
terhadap perilaku terlibat. Analisis dimensi variabel juga digunakan untuk
mengembangkan kerangka kerja untuk merancang strategi pemasaran
internal guna meningkatkan efektivitasnya.
Studi ini akan berguna bagi manajer dan pemilik bisnis terutama yang
menerapkan praktik pemasaran internal pada bisnis atau organisasi
mereka. Semoga ini bisa bermanfaat untuk membantu mereka memahami
bagaimana merancang strategi pemasaran internal.