digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Membaca merupakan kegiatan yang penting bagi perkembangan otak manusia dan memberi dampak maksimal jika dilakukan sejak usia dini dan dibudayakan secara terus-menerus. Dewasa ini, hal tersebut menjadi perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Salah satu fenomena penting yang menjadikan hal ini sebagai perhatian adalah kemampuan membaca anak-anak Indonesia yang menempati peringkat ke-64 dari tujuh puluh negara pada PISA 2015 (sebuah penilaian pada kemampuan matematika, sains, dan membaca terhadap anak-anak berusia lima belas tahun pada sebuah negara). Kemampuan membaca yang rendah ini disebabkan oleh rendahnya minat anak-anak Indonesia dalam membaca. Minat dan kemampuan membaca anak-anak sangat bergantung pada tingkat reading for pleasure, di mana anak-anak dapat memilih sendiri buku yang ingin mereka baca. Hal ini menunjukkan tersedianya bahan bacaan yang sesuai dengan preferensi anak-anak merupakan faktor penting dalam peningkatan minat dan kemampuan membaca pada anak-anak. Maka dari itu, perancangan konsep buku anak-anak yang sesuai dengan preferensi anak-anak merupakan hal yang penting. Penelitian dengan fokus pada buku anak-anak dalam kategori fiksi, yang memiliki peran penting dalam pembentukan pola pikir kritis pada anak-anak, dan kelompok usia sembilan hingga sebelas tahun, yang merupakan masa usia dini dalam tahapan reading to learn (membaca untuk mempelajari hal baru), dilakukan. Penelitian ini bertujuan merancang konsep buku fiksi anak-anak yang sesuai dengan preferensi anak-anak berusia sembilan hingga sebelas tahun menggunakan analisis konjoin dan analisis klaster sebagai pendekatan utama. Melalui penelitian ini, dihasilkan segmen-segmen dengan profil dan preferensi terhadap buku fiksi anak-anak yang berbeda. Preferensi ini berguna sebagai bahan pertimbangan perusahaan penerbitan dalam menentukan buku fiksi anak-anak yang akan diterbitkan dan bahan pertimbangan dalam menentukan buku-buku yang dapat digunakan oleh pihak-pihak selain perusahaan penerbitan dalam upaya meningkatkan budaya membaca pada anak-anak.