digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di industri fashion, pelanggan cenderung membeli tanpa rencana, yang dikenal dengan 'impulsive buying'. Walaupun pengalaman fashion sejati bisa didapatkan dalam konteks belanja online; Pembelian impulsif cenderung terjadi. Namun, studi yang berkaitan dengan perilaku pembelian impulsif yang secara khusus dibahas dalam konteks fashion masih dalam subjek tertentu dalam literatur. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kausal antara faktor-faktor yang menyebabkan pembelian impulsif terhadap produk fashion pada fashion e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini meliputi keterlibatan fashion sebagai variabel bebas, emosi positif dan kecenderungan konsumsi hedonik sebagai variabel intervening, pembelian impulsif sebagai variabel dependen. Temuan ini menunjukkan bahwa kecenderungan konsumsi hedonik berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif terhadap produk fashion di e-commerce Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Sementara itu, keterlibatan fashion dan emosi positif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif terhadap produk fashion di e-commerce secara tidak langsung.