Article Details

Understanding the Effectiveness of Using Cosplay to Raise Brand Attractiveness in Indonesia’s Comic Industry

Oleh   Muhammad Radian Agusta (NIM 19013009)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Adita Pritasari, S.T., MSM
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : cosplay, comic, comic character, creative industry, brand attractiveness
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2017-09-19 09:15:00

Industri kreatif adalah sekumpulan kegiatan ekonomi yang menyangkut generasi terkini atau eksploitasi keilmuan dan informasi. Orang-orang mengatakan bahwa ―kreativitas manusia adalah sumber ekonomi yang baik‖ dan ―industri abad 21 akan semakin bergantung kepada generasi keilmuan melalui kreativitas dan inovasi‖. Industri kreatif di Indonesia, teritama industry komiknya, sedang membaik secara stabil akhir-akhir ini. Cosplay sudah menjadi fenomena yang tidak asing juga di Indonesia. Cosplay sendiri adalah kegiatan dimana seseorang mengenakan kostum dan aksesori untuk menyerupai karakter fiksi. Para pelaku cosplay disebut cosplayer. Penelitian ini dilakukan untuk mengerti seberapa efektif-kah penggunaan Cosplay untuk meningkatkan brand attractiveness. Penelitian ini menggunakan in-depth interview untuk mendapatkan informasi dari informan terpilih yang dibagi atas 3 kategori: Creator/Publisher, Cosplayer, Customer. Hasil dari penelitian ini dianalisa menggunakan open coding, kemudian diverifikasi dan divalidasi menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode ini efektif dengan indikator sebagai berikut: keberhasilan cosplay dalam menarik massa, profil cosplayer, kemiripan antara cosplayer dan karakter, dan desain karakter yang di-cosplay-kan itu sendiri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk industri yang terpikirkan untuk menggunakan metode ini