2017 TA PP MUHAMMAD AZIZI 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Taupik Abidin 2017 TS PP MUHAMMAD AZIZI NUN 1 - FULL TEXT.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin
Video games adalah game yang secara khusus dibuat agar dapat dijalankan di suatu
sistem digital. Industri video game akhir-akhir ini terus berkembang, terutama di Asia
Tenggara. Di sisi lain, industri video game di Indonesia tidak terlihat maju seperti di
negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Masalah-masalah dari
fenomena ini muncul dari interview bersama game developer Indonesia dimana dengan
berbagai alasan, developer Indonesia membuat game-game tanpa mengetahui
marketnya. Dengan melakukan exploratory research tentang perilaku pemain game
Indonesia, riset ini ditujukan untuk membantu developer-developer membuat gamegame
yang mereka mengetahui market mereka itu seperti apa, khususnya untuk game
developer Indonesia. Di riset ini, semi-structured interview digunakan untuk tahap
pengumpulan data. Sedangkan open, axial, dan selective coding digunakan untuk
menganalisa data tanpa meninggalkan verifikasi data tersebut menggunakan triangulasi .
Dari riset ini, ditemukan sebuah gambaran besar tentan perilaku konsumen pemain
game Indonesia yang didalamnya terdapat beberapa faktor penting yang membantu
tersebarnya pengetahuan konsumen tentang game yang didominasi oleh pengaruh teman,
juga cerita dalam game dan gameplay sebagai faktor-faktor yang paling diperhatikan
saat mereka ingin memilih sebuah game, atau juga motif-motif mengapa mereka
membeli virtual goods yang biasanya adalah untuk mengubah penampilan-penampilan
dalam game atau untuk menaikkan tingkat kompetitif dari sesuatu didalamnya.