digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Video games adalah game yang secara khusus dibuat agar dapat dijalankan di suatu sistem digital. Industri video game akhir-akhir ini terus berkembang, terutama di Asia Tenggara. Di sisi lain, industri video game di Indonesia tidak terlihat maju seperti di negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Masalah-masalah dari fenomena ini muncul dari interview bersama game developer Indonesia dimana dengan berbagai alasan, developer Indonesia membuat game-game tanpa mengetahui marketnya. Dengan melakukan exploratory research tentang perilaku pemain game Indonesia, riset ini ditujukan untuk membantu developer-developer membuat gamegame yang mereka mengetahui market mereka itu seperti apa, khususnya untuk game developer Indonesia. Di riset ini, semi-structured interview digunakan untuk tahap pengumpulan data. Sedangkan open, axial, dan selective coding digunakan untuk menganalisa data tanpa meninggalkan verifikasi data tersebut menggunakan triangulasi . Dari riset ini, ditemukan sebuah gambaran besar tentan perilaku konsumen pemain game Indonesia yang didalamnya terdapat beberapa faktor penting yang membantu tersebarnya pengetahuan konsumen tentang game yang didominasi oleh pengaruh teman, juga cerita dalam game dan gameplay sebagai faktor-faktor yang paling diperhatikan saat mereka ingin memilih sebuah game, atau juga motif-motif mengapa mereka membeli virtual goods yang biasanya adalah untuk mengubah penampilan-penampilan dalam game atau untuk menaikkan tingkat kompetitif dari sesuatu didalamnya.