Article Details

IMPROVING COMPENSATION SYSTEM TO INCREASE EMPLOYEE SATISFACTION TOWARD SALARY IN THE STONE CAFÉ

Oleh   Masayu Asiyah Hanun (NIM 19014104)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Adita Pritasari, ST, MSM
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Basic Salary, Compensation, Competency, Employee Satisfaction, Restaurant
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2017-09-18 16:14:03

Sebagai restoran yang bermain di area dengan banyak pesaing, The Stone Cafe perlu memiliki karyawan dengan performa yang bagus sehingga dapat bersaing dengan restoran lain di dekatnya. Kepuasan karyawan di perusahaan menjadi penting untuk memastikan kinerja yang baik. Untuk mengetahui kepuasan karyawan di The Stone Cafe, kuesioner mengenai kompensasi, penilaian kinerja, dan pelatihan dilakukan dan disebarkan ke karyawan. Kompensasi, penilaian kinerja, dan pelatihan merupakan bagian dari kegiatan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan untuk meningkatkan kinerja. Hasil survei menunjukkan bahwa banyak karyawan yang sudah puas dengan penilaian kinerja dan pelatihan namun 54% tidak puas dengan gaji pokok karena gaji yang mereka terima tidak sesuai dengan permintaan dan tanggung jawab pekerjaan. Gaji pokok adalah bagian dari sistem kompensasi dan di The Stone Café sendiri, gaji pokok merupakan komponen terbesar dari sistem kompensasi mereka. Wawancara dengan Asisten Manajer restoran kemudian dilakukan dimana dia menyatakan bahwa ada karyawan yang terusmenerus absen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki sistem kompensasi di The Stone Cafe dan merekomendasikan serangkaian opsi gaji dasar kepada The Stone Café untuk membuat karyawan lebih puas dengan sistem kompensasi yang mereka terima dan sebagai salah satu cara agar dapat membantu mengurangi absensi karyawan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah job based structure untuk menentukan struktur gaji masing-masing posisi di The Stone Cafe. Dalam melakukan job evaluation, peneliti akan menggunakan point method dan menggunakan kompetensi sebagai faktor kompensasi dimana kompetensi akan diambil dari kamus kompetensi Spencer and Spencer. Hasil temuan dari penelitian ini adalah jumlah gaji pokok untuk setiap posisi di The Stone Cafe dimana gaji tersebut lebih sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan. Internal dan external alignment juga dipertimbangkan dalam perhitungan gaji baru yang berarti internal fairness diperhitungkan, dimana gaji karyawan setara dengan apa yang rekan kerja mereka dapatkan di perusahaan yang sama dan external alignment mengacu pada gaji untuk posisi kerja yang sama namun di perusahaan lain. Sebagian besar rekomendasi gaji yang dihasilkan lebih tinggi daripada gaji saat ini, sehingga dapat meningkatkan kepuasan karyawan terhadap kompensasi. Untuk posisi yang mendapatkan rekomendasi gaji yang lebih rendah dibandingkan gaji saat ini, disarankan kepada perusahaan untuk tetap menggunakan gaji mereka saat ini sehingga tidak bertentangan dengan tujuan dari penelitian ini dalam meningkatkan kepuasan karyawan terhadap kompensasi. Meskipun ada beberapa rekomendasi gaji yang sedikit lebih rendah daripada gaji rata-rata untuk restoran di Bandung, kebanyakan dari mereka lebih tinggi dan secara general lebih tinggi dibandingkan gaji saat ini. Karena banyak dari mereka yang umumnya lebih tinggi dari rata-rata gaji untuk restoran di Bandung, maka ini dapat meningkatkan daya saing The Stone Cafe dalam menarik pekerja yang handal. Untuk menerapkan gaji baru, disarankan agar perusahaan mensosialisasikan dan mengkomunikasikannya terlebih dahulu sebelum menerapkannya sehingga karyawan menyadari akan adanya perubahaan dan mencegah konflik yang mungkin saja timbul. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan untuk menganalisis faktor lain yang dapat menyebabkan absen karyawan selain kepuasan kerja terhadap kompensasi.