digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Menurunnya kondisi dari suatu jalan dengan perkerasan kaku akan dirasakan oleh pengguna jalan yaitu dengan berkurangnya tingkat kenyamanan dan keselamatan. Cara untuk mengidentifikasi kondisi dari permukaan jalan yaitu dengan melakukan survei kondisi jalan. Hasil survei ini akan digunakan untuk dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hasil data visual untuk mendapatkan nilai kondisi kerusakan jalan, kemudian digunakan untuk menentukan prioritas penanganan perbaikan dan rekomendasi kerusakan jalan dengan meperhatikan jenis kerusakan yang signifikan terhadap nilai PCI. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari data hasil survey yang kemudian diproses untuk menentukan jenis dan tingkat kerusakan setiap unit sampel sehingga menghasilkan data-data yang digunakan sebagai input untuk menghitung nilai kondisi fungsional jalan. Analisis dimulai dengan mengidentifikasi jenis kerusakan beserta tingkat kerusakannya, setelah menganalisis jenis kerusakan yang memberi pengaruh yang signifikan terhadap penilaian kerusakan pada metoda PCI dengan melihat jenis kerusakan yang memberi deduct value terbesar pada setiap tingkat kerusakan. Hasil identifikasi kerusakan digunakan sebagai input dalam menentukan nilai kerusakan permukaan perkerasan sehingga nilai indeks kerusakannya diketahui. Dari hasil analisis dengan metoda PCI pada studi kasus didapatkan prioritas adalah perbaikan jenis kerusakan Punchout (High) akan memberikan dampak pengaruh yang signifikan naiknya kondisi fungsional jalan dibandingkan perbaikan jenis kerusakan lainnya (Linear Cracking (Low dan Medium)). Dampak yang signifikan ini didapat dari kenaikan nilai PCI terhadap perbaikan jumlah kerusakan pada jenis kerusakan dan biaya perbaikan yang optimum. Rekomendasi penanganan adalah berdasarkan kriteria memenuhi tujuan dan fungsi jalan, nilai PCI yang diinginkan yakni kondisi minimum Good, dan dengan biaya optimum. Hasil analisis untuk rekomendasi didapat kombinasi perbaikan jalan dengan perbaikan jenis kerusakan Punchout (High) seluruhnya dan sebagian jenis kerusakan Linear Cracking (Low)