digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Minimarket memiliki pertumbuhan yang cepat karena menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Minimarket sendiri telah mulai memadukan teknologi dengan usahanya, seperti aplikasi KlikIndomaret yang dikeluarkan oleh Indomaret. Akan tetapi, pada tahap pemasarannya, masyarakat kurang tahu dan kurang mau memakai aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan observasi terhadap studi kasus aplikasi KlikIndomaret untuk masyarakat berdomisili di Bandung dengan metode penelitian berupa survei dan pengujian berupa usability testing. Pengguna awam memiliki keterbatasan dalam menggunakan smartphone, dan hasil observasi menunjukkan bahwa pengguna awam masih menemui beberapa masalah ketika mengoperasikan aplikasi KlikIndomaret seperti layout yang membingungkan, fungsionalitas tombol yang ambigu dan kesulitan melakukan pemesanan produk sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah task. Penelitian pada tugas akhir ini menggunakan pendekatan user-centered design yang melibatkan pengguna dari awal proses hingga akhir, yaitu analisis pengguna kegiatan, pembuatan model kegiatan, pembuatan model konseptual pengguna, perancangan purwarupa, dan usability testing. Hasil dari tugas akhir ini berupa mid-fidelity prototype yang diimplementasikan menggunakan perpaduan Proto.io dan Adobe Photoshop. Pengujian dilakukan tiga kali dan hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan prototype telah memiliki interaksi yang baik karena mayoritas usability goals dan user experience telah tercapai. Namun, perbaikan masih perlu terus dilakukan agar pengguna merasa antarmuka dan interaksi telah baik dan merasa terbantu dalam proses pembelian produk minimarket.