digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Loyalitas atau kesetiaan adalah komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan produk atau layanan secara konsisten di masa depan. Tidaklah mudah untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam meningkatnya persaingan usaha. Loyalitas memiliki pengaruh yang kuat terhadap pertahanan suatu perusahaan, termasuk termasuk dalam perusahaan Business to Business (B2B) seperti CV Johnson Farm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada loyalitas pelanggan CV Johnson Farm. Responden untuk penelitian ini adalah mitra bisnis (B2B) CV Johnson Farm. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan sensus dan membuat kuesioner yang dibagikan kepada 32 responden CV Johnson Farm. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan hubungan dan kepercayaan secara positif dan signifikan terkait dengan loyalitas. Dengan demikian, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bisnis CV Johnson Farm, CV Johnson Farm membutuhkan peningkatan dalam kepuasan dan kepercayaan hubungan mereka.