digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini membahas mengenai Strategi dan Taktik Pemasaran yang diterapkan oleh Pengelola Kawasan Wisata dalam Peningkatan Citra Kawasan Wisata. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pengelola memang menggunakan strategi adaptif sebagai solusi untuk meningkatkan citranya, namun pengelola hanya menggunakan tahapan kompromi dan meluruskan citra saja. Kemudian, sesuai dengan hasil penelitian, pengelola juga hanya menggunakan beberapa taktik marketing public relations seperti books & booklets, kontes & kompetisi, pameran, junkets (tapi tidak secara formal), simposia & seminar, chotchkes, endorsements, website serta sangat jarang di-update. Dikaitkan dengan banyaknya strategi dan taktik yang tidak berjalan sesuai dengan teori dapat disimpulkan bahwa peningkatan citra belum terjadi pada produk jasa pariwisata tersebut karena dari hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi pengguna jasa kebanyakan bersifat negatif. Hal tersebut didukung dengan banyaknya ketidaksesuaian yang terjadi dalam penerapan strategi dan taktik marketing yang dilakukan oleh pengelola.