2017 TA PP EUNIKE MARSINO 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Wiwik Istiyarini 2017 TS PP EUNIKE MARSINO 1 - FULL TEXT.pdf
]
PUBLIC Wiwik Istiyarini
ABSTRAKSI
Akhir-akhir ini, inovasi dan kolaborasi dalam industri kuliner terbukti memberikan pengaruh
yang besar terhadap industry itu sendiri bahkan industry-industri lainnya. Di Indonesia,
perkempangan industri kuliner dimulai pada saat industri ini menjadi subsektor dari Ekonomi
Kreatif di bawah naungan Kementerian Pariwisata Indonesia. Jejaring baru mulai mengambil
bagian dalam industri ini yang kemudian menciptakan kesempatan-kesempatan baru. Meski
begitu, para aktor dalam industri kuliner di Indonesia masih tidak memiliki pengetahuan
yang cukup mengenai model bisnis yang sudah berinovasi yang kemudian mengarah pada
kurangnya kolaborasi antarjejaring tersebut. Maka dari itu, perlu ada analisa terhadap model
bisnis baru yang berdasarkan pada perspektif jejaring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan semi-structured
interview. Narasumber dari penelitian ini adalah orang-orang yang telah
mengimplementasikan model bisnis berbasis jejaring pada industri kuliner, yaitu representatif
dari PT. Boga Catur Rata (Kem Chicks), Juragan Kuliner, dan Pesona. Penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana jejaring tersebut bekerja, model bisnis yang
digunakan, dan inovasi yang telah diimplementasikan. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa
setiap aktor dalam industri kuliner dapat berkolaborasi baik dengan sesama aktor maupun
dengan aktor-aktor di luar industri kuliner. Pengaturan yang jelas mengenai kolaborasi
antaraktor tersebut juga dibutuhkan agar tiap aktor dapat menjalankan peran mereka dengan
maksimal dan mendapatkan keuntungan yang juga maksimal.
Kata Kunci Model Bisnis, Inovasi Model Bisnis, Industri Kuliner, Jejaring