digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan permintaan untuk mendapatkan informasi dengan cepat menghasilkan hadirnya smartphone sebagai salah satu solusi untuk memenuhi permintaan. Sebagai hasil dari meningkatnya penerimaan penggunaan smartphone di seluruh dunia dan 93% pengguna internet di Indonesia yang mengakses internet mereka melalui smartphone, mobile app menjadi bisnis potensial di Indonesia. Salah satu mobile app lokal yang muncul adalah GO-JEK, sebuah aplikasi transportasi online dengan konsep berbagi kendaraan. Dengan aplikasi ini pengguna bisa bertemu dengan pemilik kendaraan agar bisa pergi ke tempat tujuan mereka. Dalam kategori aplikasi ini GO-JEK adalah satu-satunya aplikasi transportasi online lokal dibandingkan dengan pesaing aplikasi transportasi online dari luar negeri seperti Uber & Grab. Semua aplikasi tersebut menambahkan fitur dan produk di aplikasi masing-masing dan perlahan meminimalkan perbedaan di antara mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi aplikasi transportasi online dan memusatkan perhatian pada faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen untuk memilih GO-JEK daripada pesaingnya. Atribut yang diuji adalah Price Consciousness, Coupon Redemption, Innovativeness, Practicality, Trust, Comfort, Safety, dan Consumer Ethnocentrism. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan convenience sampling sebagai teknik sampling. Ada 300 peserta dalam kuesioner yang berasal dari Jakarta dan Bandung. Data kemudian dianalisis dengan Reliability Study, Descriptive Analyis, dan Logistic Regression. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. 52% responden memilih menggunakan GO-JEK dibandingkan kompetitornya, 2. Semua atribut diterima sebagai faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen, dan 3. Price Consciousness, Coupon Redemption, Safety, dan Consumer Ethnocentrism adalah faktor yang berpengaruh signifikan bagi konsumen untuk memilih GO-JEK dibandingkan pesaingnya.