2017 TA PP CLAUDIA JULIANA 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Taupik Abidin 2017 TS PP CLAUDIA JULIANA 1 - FULL TEXT.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin
Menggunakan selebriti sebagai endorser kini telah menjadi salah satu strategi pemasaran paling
banyak digunakan dalam konteks bisnis berbasis Instagram. Namun, hanya sedikit studi empiris
yang meneliti kriteria endorser terutama pada konteks platform Instagram, berdasarkan
perspektif perempuan Indonesia. Mengingat hal ini, tujuan dari makalah ini adalah untuk
memberikan kontribusi teoritis dan praktis mengenai pemilihan kriteria endorser Celebgram dan
pengaruhnya terhadap niat pembelian pelanggan wanita, dengan fokus pada konteks Instagram.
Penelitian ini menggunakan empat faktor, yaitu Daya Tarik, Kredibilitas, Pencocokan, dan
Bukti Sosial, yang akan diuji terhadap Niat Pembelian.
Data dikumpulkan dari 428 responden, dengan kelompok usia 18-34 tahun, dan mengakses
Instagram setiap hari. Total hasil kuesioner yang valid berjumlah 400 buah. Penelitian ini akan
menerapkan Focus Group Discussion and Kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Analisis
data menggunakan Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa dua faktor memiliki dampak
positif yang signifikan dengan niat membeli perempuan, yaitu Daya Tarik dan Bukti Sosial.
Selain itu, analisis regresi lebih lanjut menunjukkan bahwa Kesohoran dari Daya Tarik dan
Jumlah Like dari Bukti Sosial dianggap penting dalam mempengaruhi Niat Pembelian. Namun,
kesenjangan yang ditemukan dalam faktor Kredibilitas dan Pencocokan antara literatur dan
temuan penelitian ini, menunjukkan tidak ada hubungan positif yang signifikan terhadap Niat
Pembelian. Perbedaan hasil untuk Kredibilitas dan Match-Up didukung oleh anggapan bahwa
dukungan selebriti adalah budaya yang spesifik (Leslie, 2011), serta konteks target dan atribut
platform yang berbeda dimana studi ini dilakukan.
Singkatnya, model dalam penelitian ini memberikan pemeriksaan mendasar terhadap beberapa
faktor dan sifat mengenai kriteria selebriti endorser dalam konteks Instagram. Dengan terus
menggunakan dukungan Celebgram sebagai alat promosi, hasil dari penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat bagi pemasar dan pemilik bisnis Instagram untuk mengambil langkah efektif
untuk mendorong minat beli yang lebih tinggi, terutama dalam memilih selebriti endorser yang
sesuai untuk produk mereka atau layanan. Namun, beberapa keterbatasan mungkin terjadi,
karena perbedaan target responden dan area dimana penelitian yang dilakukan akan
menghasilkan hasil yang berbeda.