digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Menggunakan selebriti sebagai endorser kini telah menjadi salah satu strategi pemasaran paling banyak digunakan dalam konteks bisnis berbasis Instagram. Namun, hanya sedikit studi empiris yang meneliti kriteria endorser terutama pada konteks platform Instagram, berdasarkan perspektif perempuan Indonesia. Mengingat hal ini, tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan kontribusi teoritis dan praktis mengenai pemilihan kriteria endorser Celebgram dan pengaruhnya terhadap niat pembelian pelanggan wanita, dengan fokus pada konteks Instagram. Penelitian ini menggunakan empat faktor, yaitu Daya Tarik, Kredibilitas, Pencocokan, dan Bukti Sosial, yang akan diuji terhadap Niat Pembelian. Data dikumpulkan dari 428 responden, dengan kelompok usia 18-34 tahun, dan mengakses Instagram setiap hari. Total hasil kuesioner yang valid berjumlah 400 buah. Penelitian ini akan menerapkan Focus Group Discussion and Kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa dua faktor memiliki dampak positif yang signifikan dengan niat membeli perempuan, yaitu Daya Tarik dan Bukti Sosial. Selain itu, analisis regresi lebih lanjut menunjukkan bahwa Kesohoran dari Daya Tarik dan Jumlah Like dari Bukti Sosial dianggap penting dalam mempengaruhi Niat Pembelian. Namun, kesenjangan yang ditemukan dalam faktor Kredibilitas dan Pencocokan antara literatur dan temuan penelitian ini, menunjukkan tidak ada hubungan positif yang signifikan terhadap Niat Pembelian. Perbedaan hasil untuk Kredibilitas dan Match-Up didukung oleh anggapan bahwa dukungan selebriti adalah budaya yang spesifik (Leslie, 2011), serta konteks target dan atribut platform yang berbeda dimana studi ini dilakukan. Singkatnya, model dalam penelitian ini memberikan pemeriksaan mendasar terhadap beberapa faktor dan sifat mengenai kriteria selebriti endorser dalam konteks Instagram. Dengan terus menggunakan dukungan Celebgram sebagai alat promosi, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pemasar dan pemilik bisnis Instagram untuk mengambil langkah efektif untuk mendorong minat beli yang lebih tinggi, terutama dalam memilih selebriti endorser yang sesuai untuk produk mereka atau layanan. Namun, beberapa keterbatasan mungkin terjadi, karena perbedaan target responden dan area dimana penelitian yang dilakukan akan menghasilkan hasil yang berbeda.