digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAKSI The War for Talent merupakan masalah yang muncul akibat berkurangnya tenaga kerja sedangkan permintaan akan tenaga kerja meningkat. Saat ini, isu tersebut sedang berkembang di seluruh industry Indonesia, tidak terkecuali industri yang sedang berkembang yaitu e-commerce. Fenomena ini membuat perusahaan untuk berlomba-lomba dalam menarik pelamar kerja yang potensial untuk mendapatkan tenaga kerja berkualitas. Untuk menarik potensial pelamar kerja tertarik bekerja di perusahaan, salah satu caranya adalah menggunakan strategi employer branding melalui employer attractiveness. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor employer attractiveness di e-commerce Indonesia untuk membantu mereka memenangi The War for Talent. Metode yang digunakan dimulai dari penelitian pendahuluan untuk idnetifikasi faktor-faktornya kemudian menggunakan korelasi pearson untuk mengetahui korelasi masing-masing variabel dan regresi linear berganda. Hasil dari studi menunjukkan bahwa remunerasi, image perusahaan, passion, produk perusahaan, dan lingkungan kerja memiliki korelasi positif terhadap intensi orang dalam melamar pekerjaan. Dari seluruh faktor, lingkungan kerja memiliki pengaruh tertinggi terhadao intensi orang dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, studi ini menyarankan perusahaan untuk membuat lingkungan kerja yang baik untuk menarik pelamar kerja yang potensial. Keywords: E-commerce, employer branding, employer attractiveness, Indonesia, E-commerce