digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Pada era digital ini, muncul banyak peluang bisnis baru, salah satunya adalah jasa transportasi online. Dalam era dimana bisnis jasa transportasi online berkembang dengan seperti saat ini, PT Global Transportation harus bersaing dengan perusahaan kompetitor dan mempertahankan aset-aset mereka. Salah satu aset paling penting bagi perusahaan transportasi online adalah para partner driver ojek. Namun, beberapa demonstrasi oleh para driver kerap kali terjadi, penyebabnya adalah ketidakpuasan terhadap perusahaan yang dianggap tidak memihak kepada para driver. Berdasarkan riset yang dilakukan sebelumnya, telah dibuktikan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Perceived Organization Support dan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh perceived organization support terhadap kepuasan kerja para driver ojek online yang bergabung dengan PT Global Transportation. Penting untuk mengetahui hubungan antara perceived organization support dengan kepuasan kerja sebagai salah satu indicator yang dapat memprediksi tingkat turnover pegawai. Terdapat enam hipotesis dalam penelitian ini tentang hubungan dan signifikansi antara perceived organization support dan komponen-kompondari kepuasan kerja.Penentuan jumlah sampel dalam riset ini didapatkan dengan menggunakan rumus Lameshow. Tes kualitas data, tes asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana digunakan dalam riset ini untuk menentukan hubungan antara perceived organization support dan kepuasan kerja. Hasil dari riset ini ditemukan hubungan yang positif dan signifikan antara beberapa komponen dari kepuasan kerja dengan perceived organization support Berdasarkan hasil dari riset ini, peneliti menyarankan perusahaan untuk lebih melibatkan dan menhargai kontribusi dapara driver kepada perusahaan dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan para driver.