digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan berpartisipasinya BFM ke dalam pasar global, persaingan yang BFM alami akan semakin ketat. Pada tahun 2012, nilai pesanan di luar anggaran berupa 20.83%. Untuk dapat meningkatkan, pesanan di luar rencana tahunan, Customer’s Order Response menjadi salah satu bagian yang penting dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Customer’s Order Response yang ditargetkan adala 40 jam, tetapi dalam pencapainnya pada tahun 2012 ini adalah 80 jam.Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi pada subdivisi yang berkaitan dengan sistem Customer’s Order Response selama Mei 2012 – Juni 2013. Didapatkan dari analisis akar masalah, bahwa akar masalah tidak tercapainya target tersebut adalah: proses BFM yang berorientasikan pada proses fungsional dan tidak tersedianya sistem informasi yang terintgrasi.Pembuatan solusi – solusi dilakukan dengan menggunakan prinsip Lean Office dan Value Stream Mapping untuk menciptakan kondisi yang diinginkan BFM. Melalui penrancangan 10 alternatif untuk keadaan masa depan yang diinginkan, dipilih salah satu yang sesuai dengan keinginan BFM dan dilakukan pembuatan solusi bisnis untuk dapat menghilangkan pemborosan yang terjadi. Waktu dari peta keadaan masa depan yang dapat dicapai adalah Customer’s Order Response waktu 37 jam 22.2 menit.Solusi - solusi yang disarankan adalah merubah orientasi proses bisnis BFM untuk fokus pada proses bisnis, meniadakan proses penyesuaian inventori bulk, mengintegrasikan proses perencanaan produksi dengan proses perencanaan material, mengintegrasikan proses penyesuaian inventori material dengan proses pemesanan material, memasang sistem ERP dan menambahkan proses pembuatan proposal pesanan. Solusi – solusi yang disarankan dilakukan untuk mencapai waktu Customer’s Order Response yang diinginkan pada masa mendatang.