digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ditengah persaingan global yang berlangsung sekarang ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri consumer goods harus terus aktif melakukan inovasi-inovasi, agar bisa tetap bertahan ditengah kompetisi yang berlangsung sedemikian ketatnya, untuk berada selangkah lebih maju dari pesaing, apalagi untuk menjadi market-leader. CV. Warna-Warni, yang merupakan salah satu disributor Unilever di Padang, ingin menambah pendapatan di tengah kondisi yang serba sulit yang terjadi sekarang ini, dengan tetap mematuhi peraturan dari Unilever Pusat. Dari masalah-masalah tersebut dapat dilakukan analisa untuk membuat pengembangan usaha dari bisnis utama CV.Warna-Warni dengan tujuan untuk meningkatkan revenue yang tengah menurun akibat krisis global yang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang menentukan dalam bisnis retail, baik dalam bentuk toko grosir maupun pasar modern, dengan melakukan kajian karakteristik perilaku konsumsi barang kebutuhan sehari-hari (ritel) di wilayah kota Padang dan memberikan masukan kepada CV. Warna-Warni berupa usulan strategi dalam bisnis ritel sehingga diharapkan tujuan perusahaan dapat tercapai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menyebar kuesioner kepada 115 responden di Kota Padang selama periode 20 April 2009 – 10 Mei 2009. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pengembangan bisnis di Toko Modern lebih potensial daripada Toko Grosir.. Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan rencana implementasi pengembangan bisnis ritel di toko modern, sehingga diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendapatan CV Warna-Warni..