digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

A. NUGROHO UDJIANTO
PUBLIC Alice Diniarti

Konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan atas barang clan jasa yang . beragam dirasakan semakin berkembang saat ini. Hal tersebut terjadi seiring dengan pengaruh kemajuan budaya industrial dalam kegiatan perclagangan clan pemasaran intemasional, yang juga dapat dirasakan di I ndonesia. Kepentingan produsen dalam melakukan strategi penjualan clan pemasaran telah mendorong peran jasa periklanan lokal maupun asing untuk mengembangkan aspek perancangan Man di berbagai media massa. Pemunculan aneka jenis majalah dengan lisensi asing di pasaran, temyata turut berperan dalam terciptanya ikian-ikian komersial, dimana barang clan jasa ditawarkan secara gencar dengan format - clan teknik periklanan modern, diantaranya pada majalah Dewi clan Kosmopolitan. Salah satu segi penting yang dapat cliketengahkan clan menclapat sorotan adalah, munculnya ikian-ikian yang secara persuasif memanfaatkan sosok wanita atau aria sebagai model atupun obyek Man. Man. merupakan medium pesan komersial, yang secara semiotik clikatakan sarat dengan unsur tanda clan makna. Melalui tanda-tanda yang dapat diamati secara visual, ikian-ikian majalah sebagai bahan dalam tulisan i ni, dapat dikaji clan ditafsirkan melalui konteks clan