Konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan atas barang clan jasa yang
. beragam dirasakan semakin berkembang saat ini. Hal tersebut terjadi
seiring dengan pengaruh kemajuan budaya industrial dalam kegiatan
perclagangan clan pemasaran intemasional, yang juga dapat dirasakan di
I ndonesia. Kepentingan produsen dalam melakukan strategi penjualan
clan pemasaran telah mendorong peran jasa periklanan lokal maupun
asing untuk mengembangkan aspek perancangan Man di berbagai media
massa.
Pemunculan aneka jenis majalah dengan lisensi asing di pasaran,
temyata turut berperan dalam terciptanya ikian-ikian komersial, dimana
barang clan jasa ditawarkan secara gencar dengan format - clan teknik
periklanan modern, diantaranya pada majalah Dewi clan Kosmopolitan.
Salah satu segi penting yang dapat cliketengahkan clan menclapat sorotan
adalah, munculnya ikian-ikian yang secara persuasif memanfaatkan sosok
wanita atau aria sebagai model atupun obyek Man.
Man. merupakan medium pesan komersial, yang secara semiotik
clikatakan sarat dengan unsur tanda clan makna. Melalui tanda-tanda yang
dapat diamati secara visual, ikian-ikian majalah sebagai bahan dalam
tulisan i ni, dapat dikaji clan ditafsirkan melalui konteks clan