digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. De Lions adalah perusahaan patungan antara perusahaan lokal dan sebuah perusahaan multinasional yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari 142 tahun dibidang bisnis ritel moderen. PT. De Lions mengambil format supermarket untuk menyediakan berbagai kebutuhan harian rumah tangga dari kalangan kelas ekonomi menengah di Indonesia. Perusahaan ini mempunyai visi untuk menjadi supermarket pilihan bagi masyarakat Indonesia dan menjadi perusahaan penyedia layanan ritel moderen berperingkat 3 (tiga) besar di setiap kota utama di Indonesia. Hampir setiap tahunnya PT. De Lions selalu dihadapkan dengan masalah lonjakan permintaan yang terjadi pada masa seasonal. Saat dimana mayoritas penganut agama Islam di Indonesia menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri. Permasalahan utama yang dihadapi oleh PT. De Lions saat ini terkait dengan proses penyediaan produk dan keterbatasan tempat penyimpanan persediaan selama masa seasonal berlangsung. Untuk mengatasi masalah ketersediaan barang selama seasonal Saat ini PT. De Lions melakukan proses pemesanan barang sekitar dua bulan sebelum masa seasonal berlangsung. Dalam prosesnya PT. De Lions menggunakan metode konvensional dengan asumsi pertumbuhan penjualan tahunan sebagai perbandingan untuk melakukan pemesanan selama masa seasonal. Penelitian ini mencoba memberikan sebuah perbaikian terhadap metoda yang digunakan dan secara umum perbaikan yang akan dilakukan terdiri dari dua bagian. Pertama, dengan menggunakan metoda newsvendor untuk mendapatkan jumlah optimal kuantitas pemesanan yang dapat memaksimalkan jumlah keuntungan. Kedua, dengan menggunakan metoda crossdock untuk mengurangi jumlah persediaan produk non seasonal untuk menampung produk seasonal sehingga manajemen PT. De Lions tidak perlu lagi menyediakan fasilitas gudang tambahan selama masa seasonal. Melalui implementasi metoda newsvendor pada masa seasonal diperkirakan PT. De Lions mampu mendapatkan keuntungan total sebesar Rp. 171,134,720 atau naik sebesar 5.45% terhadap penggunaan metoda konvensional, sementara dengan menggunakan strategi crossdock maka PT. De Lions tidak perlu menggeluarkan biaya sewa gudang tambahan sebesar Rp. 510,000,000, maka total keuntungan keseluruhan yg didapat dari penggunaan kedua metoda diatas diperkirakan sebesar Rp. 681,134,720 atau naik sebesar 21.70% terhadap penggunaan metoda konvensional.