digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PGN merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha transmisi dan distribusi gas bumi. Setelah melakukan Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2003, PGN dituntut untuk lebih meningkatkan kinerja demi mempertahankan kelangsungan bisnis, terutama yang berhubungan langsung dengan kepuasan konsumen dan pemegang saham. Dalam memantau tingkat pencapaian perusahaan, PGN menggunakan standar penilaian berbasis Balanced Scorecard yang meliputi empat perspektif yang mencakup perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Munculnya isu-isu kinerja PGN pada beberapa tahun terakhir menimbulkan asumsi negatif terhadap efektifitas dari standar kinerja yang digunakan PGN. Untuk membantu memecahkan persoalan yang berkaitan dengan manajemen kinerja tersebut, proyek akhir ini disusun dengan fokus pada rancangan sistem pengukuran kinerja berbasis Malcolm Baldrige Criteria yang lebih komprehensif karena meliputi perspektif yang terkandung dalam Balanced Scorecard. Malcolm Baldrige Criteria juga menjelaskan area yang memerlukan perbaikan, sehingga perusahaan dapat memiliki ilustrasi yang lebih jelas dalam merancang standar pencapaian kinerja perusahaan secara maksimal untuk masa depan. Malcolm Baldrige meliputi tujuh perspektif yaitu perspektif Kepemimpinan, perspektif Perencanaan Strategis, perspektif Fokus Pelanggan, perspektif Pengukuran Analisis & Manajemen Pengetahuan, perspektif Fokus Sumber Daya Manusia, perspektif Manajemen Proses, dan perspektif Hasil. Metodologi yang digunakan dalam rancangan tersebut meliputi identifikasi masalah, tujuan penelitian, referensi penelitian, analisis data-data internal serta eksternal, rekomendasi penilaian awal kinerja menggunakan kriteria Malcolm Baldrige, proses pembobotan dan penilaian skor Malcolm Baldrige, kemudian membandingkan hasil rancangan penilaian tersebut dengan existing system pada PGN, membuat analisis pada masing-masing pencapaian dan memberikan usulan perbaikan. Hasil rancangan awal menunjukkan bahwa dari tujuh perspektif, skor terendah ditunjukan pada perspektif Kepemimpinan dengan skor 76 dari target skor 120 dan perspektif Pengukuran Analisis & Manajemen Pengetahuan dengan skor 57 dari target skor 90. Adapun total skor keseluruhan yang dicapai PGN dalam penilaian awal ini adalah 681 dari target skor 1000. Rencana implementasi dari rancangan yang diajukan meliputi langkah-langkah dari awal hingga akhir dengan periode waktu 12 bulan. Langkah tersebut terstruktur diawali sosialisasi Malcolm Baldrige, mempersiapkan tim penilai, melaksanakan aktivitas penilaian, hingga melakukan evaluasi untuk perbaikan selanjutnya.