digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Indonesia Comnets Plus atau disingkat dengan nama ICON+ adalah salah satu anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang layanan jaringan telekomunikasi dengan jaringan utama berbasis fiber optik. Saat ini ICON+ memiliki 5 unit kantor cabang atau kantor regional yang dapat memberikan pelayanan jaringan fiber optik ke daerah-daerah di seluruh wilayah Jawa dan Bali. Salah satu kantor regional itu adalah ICON+ Regional Jawa Barat. Pada proyek akhir ini akan coba dibahas tentang permasalahan yang terdapat pada ICON+ Regional Jawa Barat. Permasalahan utama tersebut adalah layanan aktivasi dan penanganan gangguan yang sering telat berdasarkan KPI. Untuk layanan aktivasi, sesuai standard KPI yang diberikan, target aktivasi adalah 14 hari sejak SO diterima dan target MTTR adalah 4 jam apabila kerusakan perangkat, 8 jam penanganan gangguan pada kabel figure 8 dan 72 jam penanganan pada kabel ADSS. Perlu diketahui apabila kedua layanan tersebut sering telat maka dapat menyebabkan menurunnya kepuasan customer yang pada akhirnya akan mengurangi revenue karena dapat menyebabkan customer berpindah ke kompetitor. Adapun metode yang digunakan untuk mencari akar permasalahan dari kedua permasalahan utama tersebut adalah diagram sebab akibat dengan menggunakan tree diagram. Dengan diketahuinya akar permasalahan dari kedua permasalahan tersebut, maka dapat didesain formulasi solusi permasalahan yang cocok bagi akar-akar permasalahan yang ada. Solusi yang dapat diterapkan untuk permasalahan aktivasi adalah pengadaan material secara langsung oleh procurement region dan dan pembuatan kontrak service level dengan sistem paketisasi terhadap pemasok, penambahan tim dari vendor eksisting dan pemberian training tentang standardisasi kepada vendor penarikan. Sementara untuk solusi permasalahan gangguan adalah perancangan sistem persediaan material baru pada gudang region, pembuatan service point area dan pembuatan kontrak maintenance kepada ketiga.