digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kemajuan teknologi sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun, baik teknologi fisik (hardware technology) maupun teknologi non-fisik(software technology).Salah satu teknologi non-fisik (software technology) yang berkembang pesat di seluruh dunia yaitu Information Technology, terutama Internet.Keberadaan Internet memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia bisnis, salah satunya adalah kemunculanE-Commerce. Perusahaan yang beroperasi secara online dapat mengefisiensikan berbagai biaya perusahaan seperti; biaya sewa tempat, biaya gaji pegawai, biaya promosi, biaya inventori dan mampu beroperasi selama 24 jam dengan pasar yang luas dan biaya overhead yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan toko offline. Di lain sisi, Internet dapat menjadikan pasar semakin “pintar” dengan banyaknya informasi yang bisa diperoleh dari berbagai sumber di Internet, sehingga persaingan pun semakin ketat dan menyebabkan pasar semakin sensitif terhadap faktor-faktor tertentu, misalnya perbandingan harga dan kualitas.Selain itu, banyaknya barang substitusi, rendahnya tingkat entry barrier, serta penyebaran informasi negatif seputar perusahaan yang dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, dapat berakibat buruk terhadap eksistensi perusahaan. Penelitian thesis ini bertujuan memberikan suatu usulan strategi yang efektif bagi PND Boutique untuk meningkatkan daya saing perusahaan di tengah persaingan yang semakin kompetitif.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa SWOT, matriks TOWS, Porter’s Five Model serta kuesioner karakteristik pelanggan online PND Boutique. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan harus mengambil beberapa keputusan strategi yang cermat dan sistematis, yaitu strategi korporat, strategi bisnis dan strategi fungsional baik jangka panjang dan jangka pendek. Strategi korporat perusahaan dalam jangka pendek yaitu memperluas pasar ke lokasi baru seperti forum komunitas Kaskus dan situs pertemanan Multiply, serta melakukan diversifikasi konsentrik dengan membuka Banana Sugar (suatu toko online yang menyediakan berbagai produk fashion lokal) dan Classic Forever (suatu toko online yang menyediakan berbagai produk fashion bekas) untuk jangka panjangnya. Sedangkan strategi bisnis yang dipilih perusahaan adalah differentiation focus dengan membentuk aliansi. Strategi tersebut ditransformasikan ke dalam strategi fungsional yang akan di-breakdown menjadiprogram yang akan dijadwalkan dan diperkirakan kebutuhan sumber dayanya, baik sumber daya manusia maupun anggaran yang dibutuhkannya.