digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertamina Marine merupakan salah satu unit bisnis Pertamina di Direktorat Pemasaran & Niaga, Divisi Pemasaran BBM dengan tugas pokok menangani semua usaha marketing dan layanan jual Bahan Bakar Minyak kepada konsumen Marine di seluruh Indonesia dan dibentuk untuk menghadapi persaingan di bisnis pemasaran BBM sektor Marine. Adapun BBM yang tersedia meliputi Premium, Minyak Solar (High Speed Diesel), Minyak Tanah, Minyak Diesel (Industrial/Marine Diesel Oil), dan Minyak Bakar (Industrial/Marine Fuel Oil 180 & 380 Cst), Pertamina Dex, dan Diesel V10. Beberapa isu bisnis yang dihadapi oleh Pertamina Marine adalah terus menurunnya tingkat penjualan yang dihasilkan. Menurunnya tingkat penjualan ini terutama disebabkan oleh kurang tepatnya strategi pemasaran yang selama ini dilakukan dan meningkatnya persaingan yang diiringi penerapan teknologi tinggi dari mereka, ditunjang dengan adanya penerapan pajak yang tinggi dari pemerintah yang menyebabkan harga produk Pertamina Marine menjadi kurang kompetitif, sehingga dampaknya tercermin dari penguasaan market share Pertamina Marine yang masih sangat jauh lebih kecil (hanya 4,7% saja) jika dibandingkan dengan para pesaing dari luar negeri terutama pesaing-pesaing dari Singapura yang telah menguasai market share sekitar 42,5%. Tugas akhir ini membahas formulasi strategi pemasaran bagi Pertamina Marine untuk menyelesaikan isu bisnis tersebut. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan analisis faktor internal, faktor eksternal, serta mengukur kekuatan dan kelemahan bauran pemasaran. Alternatif strategi bagi Pertamina Marine dikembangkan dengan mengkombinasikan analisis 5C, analisis six Porter, analisis SWOT, TOWS, dan PEST, sehingga diharapkan dapat memberikan masukan berupa usulan strategi pemasaran beserta implementasinya. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dalam menghadapi ketatnya persaingan, Pertamina Marine perlu melakukan pemetaan kembali (reinventing) suatu strategi pemasaran baru yang tepat untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan penjualan yang signifikan. Hasil akhir penelitian ini memunculkan solusi bisnis untuk mencapai pertumbuhan penjualan Pertamina Marine dalam jangka pendek, juga strategi pemasaran jangka panjang untuk mencapture pasar potensial yang belum tergarap dalam rangka memenangkan persaingan untuk program oceangoing tersebut.