digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan video games tidak lepas dari perkembangan hardware dan software. Demikian juga perkembangan interface pada konsol game, dimulai ketika jaman awal game mulai bermunculan yang diikuti kemudian game 2D menuju 3D hingga saat ini dimulainya era next generation console. Pengembangan interaktifitas pemain dengan game ditingkatkan bertujuan untuk memperoleh tingkat realitas dalam video game. Salah satunya dengan cara meniru permainan di game sesuai realisasi kegiatan permainan aslinya. Seperti pada Game Flipscape, game yang mengambil tema dunia kertas. Game yang menggunakan microphone sebagai input, atau kontrol pada karakternya masih jarang digunakan pada saat ini. Salah satu interaksi pemain yang dapat dengan menggunakan microphone pada adalah pemain mengontrol karakter yang dimainkan melalui input pada microphone seperti halnya metafora fisik kertas terbang tertiup angin. Microphone adalah sebagai interface untuk mendeteksi adanya tiupan dari pemain sebagai indikasi input kontrol. Metode Identifikasi Tiupan menggunakan beberapa metode, yaitu metode Low Pass Filter, metode Penurunan Nilai Decibel pada tiap Frekuensi, dan metode gabungan antara keduanya. Hasil dari ketiga metode ini berbeda-beda.