digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1997_TS_PP_SETIAWAN_1.pdf
PUBLIC Ena Sukmana

Abad ke-21 merupakan era persaingan pasar bebas. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di kawasan Asia Pasifik menimbulkan peluang baru bagi berbagai kegiatan bisnis. Bermacam produk inovative masuk ke dalam arena dan memberikan nilai terbaik bagi konsumen. Produk dihasilkan dari jaringan kerja yang kompleks tetapi effisien. Pertamina dengan bisnis produk petrokimia yang berciri profit seeking tidak terlepas dari tantangan masa depan yang volatile, berskala global dan prospective. Kondisi saat ini menunjukkan beberapa masalah mendasar dan strategis yang dihadapi bisnis petkim Pertamina. Aspek regulasi, kejelasan strategi bisnis, efisiensi operasi kilang, pola pemasaran, merupakan topik kajian. Petkim Pertamina perlu memiliki kompetensi inti agar mampu menghasilkan produk dengan keunggulan kompetitif Kompetensi inti dalam operasi kilang dan pemasaran/distribusi diharapkan mampu memenuhi tiga faktor kunci sukses yaitu kepemimpinan produk, kesempurnaan operasional dan keintiman pelanggan. Formulasi strategi bisnis petkim merupakan proses untuk mendapatkan alternatif terbaik dalam mencapai daya saing perusahaan dimasa depan. Usulan strategi bisnis petrokimia Pertamina terdiri dari dua tahap. Pertama adalah tahap pemberdayaan resources dan kedua adalah tahap perkembangan untuk membentuk nilai produk dan image perusahaan kelas dunia.