digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Implementasi manajemen kualitas - termasuk Six Sigma - dalam perusahaan tidaklah mudah. Setiap perusahaan memiliki keunikan masing-masing, metode tertentu yang berhasil di suatu perusahaan belum tentu berhasil di perusahaan lain. Setiap perusahaan perlu menyesuaikan proses implementasinya agar cocok dengan karakteristiknya masing-masing. Selain itu; implementasi terkait dengan manajemen perubahan, sehingga perlu diperhatikan tahapan proses implementasinya mulai dari tahap pengenalan, tahap adopsi, tahap adaptasi hingga tahap implementasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang mendukung proses implementasi Six Sigma, dengan mengambil PT General Electric Lighting Indonesia (GELI) sebagai obyek studi. Penelitian ini menggunakan model implementasi yang didasarkan dari teori perubahan organisasi. Model penelitian terdiri dari tiga dimensi yaitu context (perilaku anggota organisasi untuk continuous improvement), content (kepemimpinan, kebijakan dan strategi, manajemen personalia, manajemen sumber daya, dan manajemen proses), dan process (perubahan dan pembelajaran). Dimensi context, content, dan process serta keterkaitan ketiganya dianalisis pada setiap tahap proses implementasi (tahap pengenalan, tahap adopsi, tahap adaptasi hingga tahap implementasi). Pencapaian level kualitas perusahaan dalam menerapkan Six Sigma dianalisis dengan metode Dutch Quality Award (DQA). Setelah dianalisis disimpulkan bahwa context, content dan process perusahaan saling berpengaruh dalam proses implementasi Six Sigma. Pengimplementasian Six Sigma tidak menjamin suatu perusahaan berorientasi sistem, karena perusahaan memiliki keterbatasan terkait dengan context, content, dan process, terutama perusahaan PMA seperti GELI. Berdasarkan analisis penelitian, disimpulkan faktor-faktor pendukung proses implementasi Six Sigma adalah (1) komitmen pimpinan pada setiap tahap proses implementasi, (2) pembelajaran pada tahap adaptasi dan tahap implementasi, (3) proses pelatihan pada tahap pengenalan, (4) dukungan agen Six Sigma dan (5) fasilitas komunikasi pada tahap adaptasi, dan pada tahap implementasi faktor penting yang mendukung adalah (6) struktur organisasi Six Sigma, (7) kebijakan perusahaan, (8) keterlibatan anggota perusahaan dalam Six Sigma, (9) konsistensi DMAIC serta (10) kerja sama dalam pengelolaan proses, (11) pengelolaan sumber daya dan (12) quality awareness.