digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1995_TS_PP_SANTOSA_1.pdf
PUBLIC Ena Sukmana

Tim Trade Marketing adalah suatu tim yang merupakan salah ujung tombak yang menentukan keberhasilan PT. BAT Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya Tim Trade Marketing ini harus mampu mencapai sasaran-sasarannya dengan rnemenuhi persyaratan baik dan segi waktu,biaya, maupun memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan. Tim Trade Marketing yang merupakan bagian organisasi PT. BAT Indonesia merupakan sualu kelompok yang didalemnya terdin dad anggota-anggote tim yang mempunyai perilaku tertentu. efektifitas tim atau kelompok sebagai suatu unsur dari organisasi menernpati posisi yang cukup berati dalam kajian suatu organisasi. Pentingnya unsur ini Clasen kenyataan bahwa keberadaan tim atau kelompok mempunyai dinamika yang unik karena merupakan penghubung antara organisasi dan individu dalam organisasi. Identlikasi faktor-faktor kritis yang mempengaruhi keefektifan Tim Trade Marketing PT. BAT Indonesia regional Jawa Barat dengan meoggunaken Sepuluh Varibel Efektifitas menunjukkan bahwa Tim Trade Marketing masih beroperasi pada kondisi dibawah optimal. dari hasil analisis diperoleh bahwa faktor-faktor yang menjadi kelemahan dari anggota anggota tim adalah rendahnya ketrampilan dalam mengambil keputusan, rendahnya membentuk hubungan yang saling percaya mempercayai, rendahnya penukaran informasi dan rendahnya sikap saling pengaruh mempengaruhi di antara anggota tim.