digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP ARDHIAN AGUNG YULIANTO 1.pdf

File tidak tersedia

Aplikasi interaktif melalui game merupakan layanan digital yang memiliki penggemar yang semakin luas di masyarakat. Dengan tetap mempertahankan sisi hiburan, sesungguhnya game dapat digunakan sebagai salah satu sarana pembelajaran dengan topik pembahasan yang khusus. Salah satunya adalah menggunakan game sebagai pembelajaran ibadah haji dimana Indonesia merupakan negara dengan jamaah haji terbesar di dunia setiap tahunnya.Dalam penelitian ini dikembangkan game pembelajaran haji yang menyajikan tahap-tahap rangkaian ibadah haji yang diadaptasi dari genre game yaitu role playing game (RPG). RPG adalah genre game dengan alur cerita tertentu dengan menampilkan agen sebagai karakter individu sebagai representasi pemain yang memiliki perlengkapan, aksi/skill, mampu mengelola sumber daya dan kemampuan khusus untuk menyelesaikan suatu misi.Salah satu unit pengukuran pencapaian agen dalam RPG yaitu experience point (XP) yang diberikan biasanya setelah mengalahkan musuh, mengumpulkan sumber daya atau menyelesaikan suatu tantangan sehingga akan menambah statistik kemampuan bagi agen seperti status kesehatan/kekuatan atau menambah skill baru.Tujuan penelitian ini adalah mengukur peningkatan nilai pemain dengan mengkombinasikan XP dengan educational-credit (EC) khususnya tahap ibadah haji, dimana pemain akan mendapatkan akumulasi kredit/poin untuk menyelesaikan suatu tugas pembelajaran. Representasi pemain dalam game ini diwakili dengan agen yang dapat dikendalikan pemain. Dalam hal ini tugas pembelajaran adalah manasik haji yang melewati 6 tahapan : Berihrom, Mabit di Mina, Arafah, Muzdalifah, Melempar Jumroh, Thawaf di Masjidil Haram dan Sai. Masing-masing tahapan haji akan memiliki detail aksi yang harus dilalui oleh agen dan akan memiliki nilai.Hasil dari tesis ini memperlihatkan kombinasi XP dan EC pada pencapaian nlai pemain sebagai ukuran pembelajaran bagi pemain. Tantangan bagi pemain akan tetap ada dan kemampuan untuk memahami tahap-tahap pelaksanaan ibadah haji akan didapatkan. Pengembangan lebih lanjut dari penelitian ini adalah penambahan nilai kerjasama antar agen yang dijalankan dalam suatu faction dalam lingkungan multiplayer game.