digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP NUR RIDJANTORO 1.pdf

File tidak tersedia

Kendala-kendala yang sering dialami dilatarbelakangi oleh kurangnya proses knowledge management. Beberapa kondisi menunjukan kesalahan dan keterlambatan penyelesaian pekerjaan dikarenakan kurangnnya proses berbagi dan berkolaborasi dalam hal pengetahuan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kondisi lainnya menunjukan tidak adanya proses dokumentasi knowledge.yang didapat di lapangan. Dengan kondisi ini knowledge yang diperoleh hanya melekat pada ingatan individu tertentu saja, tidak dapat dimanfaatkan oleh karyawan yang lain. Hal ini juga menyebabkan knowledge tersebut belum dapat dijadikan asset bagi perusahaan.Dengan masalah di atas diperlukan solusi agar knowledge tersebut dapat dikelola dengan baik. Dengan lokasi kerja dan posisi karyawan yang berjauhan solusi agar knowledge management tetap berjalan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi. Salah satu teknologi yang saat ini banyak dipakai adalah knowledge portal. Knowledge portal merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan sebagai solusi untuk manajemen knowledge, terutama bagi perusahaan yang bersifat project base. Knowledge portal dapat melaksanakan fungsinya sebagai gerbang arrangement knowledge (capture, organize, storage). Dengan demikian knowledge yang didapat dilapangan maupun dalam proses kerja di kantor, dapat tertata baik dalam suatu media yang kemudian dapat dimanfaatkan kembali.