Article Details

KAJIAN MANAJEMEN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA INFORMATION TECHNOLOGY INVESTMENT MANAGEMENT (ITIM) (STUDI KASUS PADA DITJEN PERBENDAHARAAN - DEPKEU)

Oleh   MUHAMMAD RIDZAL (NIM: 23207086)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Pembimbing: Ir. Yudi Satria Gondokaryono, M.Sc., Ph.D.
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : STEI - Teknik Elektro
Fakultas : Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
Subjek :
Kata Kunci : Investasi TI, ITIM, manajemen investasi, kerangka manajemen investasi TI, Information Technology Investment Management, IT investment
Sumber :
Staf Input/Edit : Vika Anastasya Kovariansi  
File : 1 file
Tanggal Input : 2017-09-27 15:37:39

Generic placeholder image
2009 TS PP MUHAMMAD RIDZAL 1.pdf
File tidak tersedia


Setiap organisasi memiliki manajemen dalam menjalankan proses bisnisnya termasuk manajemen investasi teknologi informasi (TI). Banyak investasi di bidang TI yang tidak sesuai dengan rencana serta tujuan organisasi. Sama halnya dengan yang terjadi di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB). Sebagai bagian dari tata kelola bidang TI, setiap penyusunan anggaran investasi bidang TI dan mekanisme pelaksanaan anggarannya perlu didukung suatu manajemen investasi TI yang baik dan benar sehingga tujuan investasi di bidang TI dapat tercapai sesuai yang diinginkan dan nilai bisnis serta ekonomis akan didapatkan secara optimal sesuai dengan rencana kerja dan rencana strategis bidang TI dari DJPB.Sehubungan dengan hal tersebut maka dilakukanlah penelitian ini dengan menggunakan kerangka manajemen investasi teknologi informasi yang disebut Information Technology Investment Management (ITIM) dari General Accounting Office (GAO) untuk mengkaji manajemen investasi TI di DJPB dan mengukur tingkat maturity dari pelaksanaannya. Kerangka ini dipublikasikan sejak tahun 2000 dan telah digunakan di berbagai instansi terutama instansi pemerintah di Amerika Serikat.