digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP JULIANA 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2009 TS PP JULIANA 1-BAB 1.pdf
File tidak tersedia

2009 TS PP JULIANA 1-BAB 2.pdf
File tidak tersedia

2009 TS PP JULIANA 1-BAB 3.pdf
File tidak tersedia

2009 TS PP JULIANA 1-BAB 4.pdf
File tidak tersedia

2009 TS PP JULIANA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu alat untuk mengukur dan menilai kompetensi yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan diakhir jenjang atau tingkatan pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa meliputi kemampuan bernalar dalam memecahkan masalah. Penelitian ini melakukan analisis terhadap butir-butir soal UN yang beracuan pada kerangka kerja yang dikemukakan oleh Lithner.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penalaran yang diperlukan siswa dalam menjawab soal UN Matematika SMA/MA Program IPA tahun pelajaran 2007/2008. Berdasarkan analisis dari 40 butir soal UN terdapat 32 butir soal UN (80 %) yang tergolong dalam Penalaran Imitatif (IR) dan 8 butir soal UN (20 %) yang tergolong dalam Penalaran kreatif (CR).Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penalaran yang dibutuhkan siswa dalam menjawab soal UN Matematika SMA/MA tahun pelajaran 2007/2008 hanya menggunakan Penalaran Imitatif (IR). Ini artinya bahwa soal UN sebagian besar hanya mengukur pencapaian kompetensi bernalar imitatif siswa.