digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP DEFRY ADMIRAL 1.pdf

File tidak tersedia

Semakin berkembangnya teknologi selain meningkatkan kualitas layanan juga telah menimbulkan ancaman fraud terhadap banyak perusahaan. Munculnya teknik-teknik baru fraud telah menimbulkan kesulitan tersendiri. Fraud telah menjadi salah satu penyebab kerugian yang cukup signifikan. Jika dahulu sebagian besar perusahaan masih memberikan toleransi terhadap fraud yang diderita, seiring dengan semakin besarnya kerugian yang ditimbulkan, maka diperlukan langkah-langkah antisipasi. Untuk mengatasi masalah di atas dapat diterapkan program pengendalian fraud yang mencakup pemanfaatan kontrol pada prosedur, penggunaan teknologi, kebijakan, dan lain-lain. Beberapa pihak telah mengembangkan metode pengendalian fraud. Tetapi untuk melaksanakan metode pengendalian fraud tersebut, manajemen perusahaan memerlukan panduan yang terdiri dari langkah-langkah untuk menyusun program anti-fraud. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah framework yang dapat dijadikan panduan bagi perusahaan telekomunikasi dalam menyusun program anti-fraud tersebut.