digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-BAB 1.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-BAB 2.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-BAB 3.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-BAB 4.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-BAB 5.pdf
File tidak tersedia

2008 TS PP YULIA HENSMIT 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Dalam suatu analisa dampak lingkungan (AMDAL), seringkali terjadi ketidaksepahaman di masyarakat akibat perencanaan AMDAL yang bersifat top down atau perencanaan hanya melibatkan pemerintah dan pemrakarsa tanpa melibatkan masyarakat setempat, sehingga persepsi masyarakat terhadap dampak lingkungan lemah sekali untuk diinvestigasi. Keberadaan Bandar udara di suatu wilayah biasanya menimbulkan dampak sosialekonomi bagi masyarakat yaitu pola perkembangan penduduk (jumlah, umur, perbandingan jenis kelamin), pola perpindahan, pola perkembangan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, berkembangnya struktur ekonomi, peningkatan pendapatan masyarakat, perubahan lapangan pekerjaan, kesehatan masyarakat, serta dampak yang dirasakan dari keberadaan bandara yang mempengaruhi sosialekonomi masyarakat. Dalam perencanaan suatu pembangunan bandar udara dengan mengidentifikasi aspirasi masyarakat maka perencanaan tersebut akan mendapatkan penilaian yang baik oleh masyarakat sehingga pembangunan dapat berjalan dengan selaras.