Article Details

MARKETING RISK ANALYSIS ON SELLING YOGURT IN BANDUNG (CASE STUDY: PT. XYZ)

Oleh   NADIA ANINDITA (NIM 19005048)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Pembimbing : Dr. Ir. Sudarso Kaderi Wiryono
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Enterprise Risk Management (ERM), Risiko Marketing, Identifikasi risiko, Pengukuran risiko, Analisa faktor
Sumber :
Staf Input/Edit : Rizki Aprianti  
File : 7 file
Tanggal Input : 2009-07-15 16:40:46

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-COVER.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

Generic placeholder image
2008 TA PP NADIA ANINDITA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia


Yogurt, susu fermentasi, dianggap sebagai produk yang cukup prospektif untuk dijual; terutama di daerah Bandung. Hal inilah yang menjadi alasan utama PT. XYZ untuk menjual yogurt. Di samping itu, komisioner perusahaan ini mempunyai pengetahuan lebih (ekspert) dalam bidang mikrobiologi, sehingga hal ini menjadi salah satu nilai tambah untuk menjual yogurt dengan kualitas yang baik. Meskipun yogurt dianggap sebagai produk yang menjanjikan, namun perusahaan ini menghadapi beberapa masalah dalam penjualannya. Produk yang mereka jual merupakan 100% kandungan murni yogurt dan tanpa menggunakan pengawet, sehingga hal ini membuat produk yang mereka jual tidak tahan lama dan menimbulkan loss. Di samping itu, perusahaan memperkirakan bahwa masalah penjualan yang mereka hadapi disebabkan persaingan yang ketat dengan competitor; yang ditunjukkan oleh penurunan tingkat penjualan dari tahun ke tahun. Dengan melihat masalah ini, penulis ingin menganalisa risiko yang muncul di perusahaan dengan menggunakan konsep ERM (Enterprise Risk Management. Penulis ingin lebih fokus terhadap analisa risiko pada aktivitas marketing. Penulis mengidentifikasikan risiko, kemudian dianalisa dan dipersempit untuk mendapatkan variable yang benar-benar berpengaruh dengan menggunakan metode analisa faktor. Untuk menganalisa risiko, proses manajemen risiko terdiri dari beberapa step yaitu, identifikasi risiko, penghitungan risiko, dan manajemen risiko. Di riset ini, penulis mengaplikasikan konsep risiko di aktivitas marketing PT. XYZ dengan mengimplementasikan proses manajemen risiko. Riset ini menyediakan informasi untuk PT. XYZ dalam memanage resiko marketing yang terjadi di aktivitas marketing. Di riset ini, resiko marketing diidentifikasi . Di penghitungan resiko, probabilitas dan severitas dari tiap resiko diketahui dan diukur. Kemudian, pada proses manajemen resiko, perusahaan mengetahui treatmen resiko yang tepat untuk tiap resiko. Riset ini juga menyediakan rekomendasi kepada perusahaan untuk memanage aktivitas marketing mereka.