digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP FEBRIAN DAMA ASMARA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Rebel Gym adalah salah satu gym yang berlokasi di Kota Bandung. Setalah menjalankan usahanya selama 7 tahun, Rebel Gym memiliki dua cabang yaitu Rebel Gym Dago dan Rebel Gym Surya Sumantri. Studi penelitian ini akan memakai Rebel Gym Surya Sumantri sebagai studi kasus karena Rebel Gym Surya Sumantri baru saja dibuka, jadi mereka masih melakukan aktivitas promosinya. Studi penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi kekuatan dari word of mouth. Banyak orang yang mengetahui apa itu word of mouth tetapi tidak banyak yang tahu akan kekuatan dari word of mouth itu sendiri. Dalam mengidentifikasi kekuatan word of mouth, studi ini menggunakan teori word of mouth dan teori komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian lapangan dan penyebaran kuesioner kepada responden yang telah dipilih. Setelah mengumpulkan data dan menganalisanya, hasilnya adalah lebih dari setengah persentase responden mengetahui Rebel Gym dari word of mouth dan terpengaruh oleh promosi word of mouth yang dilakukan oleh Rebel Gym. Langkah terkahir dari studi penelitian ini adalah kesimpulan dan rekomendasi. Secara keseluruhan, kesimpulan yang didapat adalah lebih dari separuh persentase responden terpengaruh oleh word of mouth. Para responden merasa bahwa cara promosi word of mouth mempunyai kekuatan yang cukup besar dalam mempromosikan produk atau jasa. Rekomendasi untuk perusahaan adalah mempertahankan promosi word of mouth mereka karena berdasarkan studi kasus, word of mouth menghasilkan hasil yang baik bagi perusahaan. Tetapi perusahaan juga harus mempertahankan servis yang baik dan kualitasnya, salah satu caranya adalah menyediakan drop box agar para member bisa memberikan keluhan dan saran kepada perusahaan. Hal ini sangat penting karena dengan servis yang baik dan kualitas yang baik pula, akan menghasilkan word of mouth yang baik juga bagi perusahaan. Rekomendasi lainnya adalah Rebel Gym sebaiknya membuat key performance indicator (KPI) agar bisa mengukur performa perusahaan mereka.