digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-BAB1.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-BAB5.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP ARIA WIRA SAMUDERA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Persaingan di antara produsen minuman teh hijau kemasan botol saat ini menunjukkan keadaan yang sangat ketat, dimana hampir di setiap toko dijumpai ada beberapa merk yang berebut untuk menjadi pilihan nomor satu konsumen. Berbagai cara dilakukan oleh produsen minuman teh hijau untuk membuat konsumen memilih produk mereka, seperti misalnya dengan memasang iklan yang menarik dan memberikan hadiah-hadiah untuk menarik pembeli. Tetapi kebutuhan konsumen dapat dikatakan berbeda sesuai dengan keadaan masing-masing, sehingga dapat dikatakan bahwa kebutuhan pembeli adalah multidimensional dimana tujuan dan keinginan individu berbeda-beda. Ketika seorang konsumen membeli suatu produk saat ia berbelanja, belum tentu keadaan itu menunjukkan suatu loyalitas kepada suatu produk, tetapi mungkin ia tertarik dengan faktor-faktor lain. Jadi yang perlu dicermati adalah apa dimensi kebutuhan yang mendasari seorang konsumen memilih suatu produk tertentu. Berdasarkan latar belakang itulah kemudian penulis ingin melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk Y green tea. Pemilihan tema tentang preferensi konsumen terhadap produk Y green tea dalam makalah ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari hasil kuesioner dalam penelitian lapangan. Kemudian data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang membahas mengenai teori perilaku konsumen, studi dari majalah, dan surat kabar yang memuat berita yang berkaitan dengan topik di atas. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada beberapa faktor atau fenomena yang menyebabkan produk Y green tea dipilih dan disukai oleh konsumen. Fenomena pertama yang dapat dilihat adalah konsumen tidak memeperhatikan harga ketika sudah suka dengan suatu brand, konsumen akan mencari Y green tea dan akan berusaha mendapatkan Nu green tea ketika sedang membutuhkan itu. Fenomena kedua adalah ternyata konsumen Y green tea terdiri dari konsumen yang fanatik dan konsumen yang normal. Maka pada konsumen fanatik, mereka memilih Y green tea karena servis dan distribusinya. Sedangkan, pada konsumen normal mereka memilih Y green tea karena faktor harga dan produk itu sendiri. Pada intinya, setiap segmen konsumen memiliki alasan tersendiri dalam memilih produk Y green tea.