ndonesia telah menjadi salah satu pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara.
Sekitar 2,5-3 juta mobil bekas terjual setiap tahunnya. Meningkatnya persaingan
di industri otomotif telah meningkatkan penekanan terhadap hubungan pelanggan.
ABC Showroom (nama samaran) adalah dealer mobil bekas di Bukittinggi dan
diketahui kurang dalam strategi pemasaran relasional. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk merumuskan strategi pemasaran relasional untuk ABC Showroom
dan mengetahui apakah strategi tersebut berbeda di antara persona pelanggan.
Analisis internal dan analisis eksternal dilakukan untuk merumuskan strategi.
Analisis internal terdiri dari bauran pemasaran (7P) dan analisis STP. Analisis
eksternal meliputi analisis PEST dan analisis pesaing. Pendekatan kuantitatif
menggunakan survei dilakukan untuk mengetahui preferensi target pasar terkait
usulan strategi pemasaran relasional, khususnya personal selling, personalisasi,
dan layanan purna jual. Total responden yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah 240 responden. Analisis Two-step cluster dilakukan untuk membangun
persona pelanggan ABC Showroom. Analisis dilanjutkan dengan uji KruskalWallis
untuk mengetahui apakah strategi yang diajukan berbeda antar persona
pelanggan.
Berdasarkan hasil uji Kruskal-Wallis, strategi yang diusulkan tidak berbeda antar
persona pelanggan. Temuan pada analisis internal dan analisis eksternal
dirangkum dengan matriks SWOT. Kemudian matriks TOWS digunakan untuk
membantu penulis dalam merumuskan strategi pemasaran relasional sekaligus
menyesuaikannya dengan hasil survei. Strategi pemasaran relasional yang
diusulkan mencakup peningkatan kinerja wiraniaga dengan memberikan target dan
seragam, memberikan pengalaman test drive yang luar biasa, menyediakan
customer service yang proaktif dan peduli, memberikan penawaran dan produk
mobil yang dipersonalisasi, dan menyediakan layanan purna jual seperti garansi,
perbaikan dan pemeliharaan mobil, bantuan pemindahan kepemilikan mobil plat
kendaraan, dan bantuan pembayaran pajak mobil.
Perpustakaan Digital ITB