digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Daffa Rafi Dahana [17520015]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Masyarakat saat ini menghadapi tantangan besar terkait penurunan kualitas moral, ditandai oleh meningkatnya perilaku negatif seperti kekerasan, penipuan, dan kurangnya empati. Kurangnya pendidikan moral sejak usia dini adalah salah satu penyebab utama. Pendidikan formal saat ini masih fokus pada berbagai hal akademik, yang kurang pada pengembangan karakter. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas edukasi moral adalah dengan mengintegrasikannya ke dalam materi kurikulum akademis yang ada, di antaranya adalah berhitung dalam sebuah permainan. Misalnya, dengan menggunakan contoh situasi nyata yang melibatkan keputusan moral dalam kegiatan bermain peran. Selain itu kemampuan berhitung yang baik dapat membantu anak untuk berpikir logis dan analitis dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga dapat berpengaruh kepada keputusan moral mereka. Dengan demikian, integrasi pendidikan moral dalam pembelajaran matematika dasar melalui kegiatan bermain peran dapat menjadi salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan edukasi moral pada anak usia dini.