digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

COVER Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6A Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6B Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 7 Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Muhammad Haikal Alamsyah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, diharuskan untuk dapat memenuhi kebutuhan berhubungan antara pulau-pulau dan wilayah kehidupan manusia di dalamnya. Untuk itu, sangat dibutuhkan fasilitas untuk memudahkan jalur transportasi di laut, sungai, danau, dan penyeberangan sebagai penghubung utama wilayah di dalam Indonesia maupun dengan negara lain. Dalam Tugas akhir ini, dilakukan beberapa analisis seperti analisis terkait kondisi lingkungan di sekitar perairan lokasi perencanaan, analisis kebutuhan faslitas darat dan perairan untuk terminal general cargo berdasarkan prediksi arus barang yang akan dilayani pelabuhan. Kondisi lingkungan itu sendiri mencakup arah dan kecepatan arus, serta arah dominan dan tinggi gelombang berdasarkan pemodelan hidrodinamika menggunakan software SMS (Surface Water Modelling System) 8.1. Pemodelan gelombang dilakukan pada lokasi tinjauan sebelum dan sesudah diberi struktur breakwater, sehingga ditentukan beberapa alternatif tata letak pelabuhan meliputi alternatif orientasi dermaga dan alternatif tata letak breakwater. Selanjutnya, dapat ditentukan alternatif tata letak fasilitas perairan terbaik berdasarkan faktor lingkungan dan kemudahan akses pelayaran dengan menggunakan skoring matriks. Adapun faktor lingkungan yang menjadi penilaian alternatif seperti, tinggi dan arah gelombang dominan, kecepatan dan arah arus dominan, kesesuaian kontur kedalaman terhadap orientasi dermaga dan kemudahan akses alur pelayaran yang ditinjau berdasarkan tikungan pada alurnya.