Kesadaran masyarakat akan gaya makan sehat yang berkelanjutan terus
beretambah setiap tahunnya dan hal tersebut membuka potensi pasar yang besar di
Indonesia. Banyak Perusahaan Makanan dan minuman dan juga perusahaan yang
bergerak di bidang Bahan Tambahan Pangan (BTP) berlomba-lomba dalam
menawarkan produk yang sehat dan berkelanjutan. Bagi PT. CGMZ, Perusahaan
penjual BTP yang sedang mengalami penurunan pendapatan. Berkembangnya
pasar Makanan dan minuman kesehatan yang berkelanjutan, merupakan
kesempatan untuk menjangkau pasar yang sedang berkembang tesebut dan
mendapatkan kembali pertumbuhan perusahaan yang dibutuhkan.
Proyek akhir ini bertujuan menemukan strategi yang tepat untuk
meningkatkan pendapatan PT. CGMZ. Untuk mendapatkan formulasi strategi
yang tepat dibutuhkan analisa mengenai kondisi eksternal dan internal
perusahaan dan faktor utama dalam penurunan pendapatan PT. CGMZ. Untuk
kondisi eksternal Analisa yang digunakan adalah Analisa PESTEL, dan Analisa
Porter’s Five Forces. Untuk menganalisa kondisi internal Perusahaan
menggunakan Analisa VRIO, Generic value chain, dan Analisa keuangan
perusahaaan. Analisa SWOT digunakan untuk merangkum analisa internal dan
eksternal dari PT. CGMZ. Analisa tersebut membantu mendapatkan faktor-faktor
yang menyebabkan strategi bisnis PT. CGMZ gagal. Setelah mendapatkan faktor-
faktor yang mengakibatkan kegagalan strategi bisnis dan mengecilnya pangsa
pasar, memformulasi strategi sebagai solusi untuk mempenetrasi ke pasar
Makanan dan minuman Kesehatan yang saat ini sedang berkembang. Penelitian
ini mengajukan value proposition yang baru, reka ulang proses business dan
strategi pemasaran untuk mempromosikan strategi bisnis yang akan dijalankan
dan juga strategi untuk meningkatkan operasional perusahaan guna mendukung
value propositition yang baru. Strategi-strategi yang sudah diusulkan dirangkum
dalam Business model canvas. Strategi yang sudah diusulkan dan dirangkum diuji
dengan melakukan uji resiko dan juga cara menghadapai juga diuji secara
financial mengenai bagaimana implementasi strategi tersebut diuji secara moneter
dan skenario-skenario yang dapat berdampak pada perusahaan.
Perpustakaan Digital ITB