digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ndaru Guritno
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Kesadaran masyarakat akan gaya makan sehat yang berkelanjutan terus beretambah setiap tahunnya dan hal tersebut membuka potensi pasar yang besar di Indonesia. Banyak Perusahaan Makanan dan minuman dan juga perusahaan yang bergerak di bidang Bahan Tambahan Pangan (BTP) berlomba-lomba dalam menawarkan produk yang sehat dan berkelanjutan. Bagi PT. CGMZ, Perusahaan penjual BTP yang sedang mengalami penurunan pendapatan. Berkembangnya pasar Makanan dan minuman kesehatan yang berkelanjutan, merupakan kesempatan untuk menjangkau pasar yang sedang berkembang tesebut dan mendapatkan kembali pertumbuhan perusahaan yang dibutuhkan. Proyek akhir ini bertujuan menemukan strategi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan PT. CGMZ. Untuk mendapatkan formulasi strategi yang tepat dibutuhkan analisa mengenai kondisi eksternal dan internal perusahaan dan faktor utama dalam penurunan pendapatan PT. CGMZ. Untuk kondisi eksternal Analisa yang digunakan adalah Analisa PESTEL, dan Analisa Porter’s Five Forces. Untuk menganalisa kondisi internal Perusahaan menggunakan Analisa VRIO, Generic value chain, dan Analisa keuangan perusahaaan. Analisa SWOT digunakan untuk merangkum analisa internal dan eksternal dari PT. CGMZ. Analisa tersebut membantu mendapatkan faktor-faktor yang menyebabkan strategi bisnis PT. CGMZ gagal. Setelah mendapatkan faktor- faktor yang mengakibatkan kegagalan strategi bisnis dan mengecilnya pangsa pasar, memformulasi strategi sebagai solusi untuk mempenetrasi ke pasar Makanan dan minuman Kesehatan yang saat ini sedang berkembang. Penelitian ini mengajukan value proposition yang baru, reka ulang proses business dan strategi pemasaran untuk mempromosikan strategi bisnis yang akan dijalankan dan juga strategi untuk meningkatkan operasional perusahaan guna mendukung value propositition yang baru. Strategi-strategi yang sudah diusulkan dirangkum dalam Business model canvas. Strategi yang sudah diusulkan dan dirangkum diuji dengan melakukan uji resiko dan juga cara menghadapai juga diuji secara financial mengenai bagaimana implementasi strategi tersebut diuji secara moneter dan skenario-skenario yang dapat berdampak pada perusahaan.