digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pendidikan nonformal memegang peranan penting dalam menunjang pendidikan formal, khususnya dalam memberikan alternatif pembelajaran yang fleksibel dan adaptif melalui layanan bimbingan belajar. Namun, hingga saat ini masih terdapat berbagai tantangan yang signifikan, seperti keterbatasan akses terhadap pengajar berkualitas, kurangnya fitur personalisasi dalam proses belajar, serta hambatan ekosistem yang menyulitkan interaksi antara pelajar, pengajar, dan penyedia tempat belajar. Layanan yang sudah ada pun belum sepenuhnya menjawab kebutuhan pengguna secara holistik. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang model bisnis dan mengembangkan sebuah sistem terintegrasi berbasis web yang mampu mempertemukan ketiga pihak tersebut dalam satu platform yang efisien dan mudah diakses. Sistem ini dirancang untuk membantu pelajar menemukan pengajar dan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya secara lebih cepat dan relevan. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan pendekatan design thinking yang meliputi tahapan identifikasi kebutuhan pengguna, perumusan solusi, pembuatan prototipe, serta pengujian dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui verifikasi terhadap pemenuhan kebutuhan fungsional sistem serta validasi terhadap tingkat penerimaan dan efektivitas solusi melalui survei kepada 128 responden. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini tidak hanya mampu menjawab kebutuhan utama pengguna dari sisi aksesibilitas dan personalisasi, juga menunjukkan potensi dalam meningkatkan efektivitas hasil belajar. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif yang berkontribusi pada transformasi digital pendidikan nonformal di Indonesia, sekaligus mendorong pemerataan akses pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.